Abu Janda Bikin Murka Warganet

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 28 Januari 2021
0 dilihat
Abu Janda Bikin Murka Warganet
Penggiat media sosial, Permadi Arya alias Abu Janda. Foto: Repro google.com

" Yang arogan di Indonesia itu adalah islam sebagai agama pendatang dari Arab kepada budaya asli kearifan lokal. haram-haramkan ritual sedekah laut, sampai kebaya diharamkan dengan alasan aurat. "

KENDARI, TELISIK.ID - Cuitan Penggiat media sosial, Permadi Arya alias Abu Janda di Twitter menuai kontroversi, hingga membuat warganet murka terhadap pernyataannya yang menyebutkan Islam sebagai agama pendatang arogan.

Kicauan relawan yang dikenal sebagai pendukung Jokowi itu bermula saat Abu Janda twitwar dengan Ustaz Tengku Zulkarnain. Dalam twitwar tersebut Ustaz Tengku Zulkarnain mengulas arogansi minoritas dalam sejarahnya, bakal tumbang juga. Kicauan ini mengulas arogansi minoritas di luar Indonesia.

“Dulu minoritas arogan terhadap mayoritas di Afrika Selatan selama ratusan tahun, Apertheid. Akhirnya tumbang juga. Di mana mana negara normal tidak boleh mayoritas arogan terhadap minoritas. Apalagi jika yang arogan minoritas. Ngeri melihat betapa kini Ulama dan Islam dihina di NKRI,” tulis Tengku Zul dalam postingan di akun Twitternya, Minggu (24/1/2021).

Cuitan tersebut kemudian dia balas Abu Janda. Dia mempersoalkan arogansi laku Islam pada kearifan lokal yang berkembang di Indonesia.

“Yang arogan di Indonesia itu adalah islam sebagai agama pendatang dari Arab kepada budaya asli kearifan lokal. haram-haramkan ritual sedekah laut, sampai kebaya diharamkan dengan alasan aurat,” tulis Abu Janda.

Tak disangka, balasan dari Abu Janda tersebut berbuntut panjang. Tengku Zulkarnain menilai kicauan Abu Janda ini sudah lewat batas dan menghina Islam. Lantaran itu, Ustaz Tengku mengadukan dan melaporkan kepada Wakil Presiden KH Maruf Amin.

Dalam aduannya, Tengku Zulkarnain meminta perhatian dari Maruf Amin agar memolisikan Abu Janda dengan komentarnya yang menyudutkan Islam.

Baca juga: Warga Buteng Diresahkan Hantu Kepala Terbang Memangsa Wanita Hamil

“Kepada YTH Bapak Yai @KHMarufAmin Mohon bapak perintahkan Polisi utk proses hukum Abu Janda. Kalau tidak saya khawatir, jika tdk diproses, akan ada umat Islam yg marah dan bertindak di luar hukum. Malu NKRI di mata dunia. Matur Nuwun, Yai…,” tulis Tengku Zulkarnain.

Walhasil, pernyataan Abu Janda menyebut Islam sebagai agama pendatang arogan tuai kritik warganet, hingga hastag #TangkapAbuJanda menjadi trending topik di Twitter.

Berdasarkan pantauan Telisik.id, saat berita ini dibuat hastag #TangkapAbuJanda menduduki posisi pertama trending di Twitter dengan jumlah 20,5 ribu tweet.

Sejumlah warganet pun memberikan komentarnya, mulai dari penghujatan hingga meminta pihak kepolisian khususnya Kapolri bertindak tegas terhadap Abu Janda.

"Kalau sampai kasus ini mereka juga lolos... Nggak tau lagi deh!!

Berharap Kapolri yang baru membuktikan hukum tidak tajam ke bawah tumpul ke atas.

#TangkapPelakuRasis #TangkapAbuJanda #TangkapDennySiregar," tulis akun bernama Maudy Asmara.

"Saya dukung Polri @DivHumas_Polri untuk tangkap pengacau bangsa ini #TangkapAbuJanda," tulis akun bernama Arif Hidayat.

"Sudah muak dengan bangsat ini, tidak pantas dia memakai jaket Banser..#TangkapAbuJanda," tulis akun Adi Sugiarso.

"Emang pencari masalah ini juga keknya TERINDIKASI mau ngerecokin agama kok ! #TangkapAbuJanda Indonesia damai TANPA Abu Janda!" tulis akun @seksama1. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga