Air Bersih Wajib Dijaga untuk Cegah Stunting

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 18 Oktober 2023
0 dilihat
Air Bersih Wajib Dijaga untuk Cegah Stunting
Tim Perwakilan BKKBN Sulawesi Tenggara melakukan pendataan dan kunjungan ke warga. Foto: Facebook BKKBN Sultra

" Salah satu faktor yang memengaruhi pertumbuhan anak adalah kondisi kebersihan lingkungan tempat tinggal. Kualitas air bersih yang terjaga menjadi aspek penting dalam mencegah stunting pada anak-anak "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu faktor yang memengaruhi pertumbuhan anak adalah kondisi kebersihan lingkungan tempat tinggal. Kualitas air bersih yang terjaga menjadi aspek penting dalam mencegah stunting pada anak-anak.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tenggara (Sultra), Asmar. Menurutnya, mencegah stunting bukan hanya dengan memenuhi gizi yang baik untuk anak, tetapi juga dengan menjaga kebersihan lingkungan.

Upaya menjaga kebersihan lingkungan harus dilakukan untuk mencegah stunting ini, kata dia, termasuk dalam menjaga kualitas udara, air, dan sanitasi di sekitar rumah.

Baca Juga: 1000 HPK Kunci Penting Cegah Stunting pada Anak

“Kalau punya kemampuan buatlah jamban yang bersih, konsumsi air bersih. Karena ini semuanya adalah bisa membantu mencegah stunting,” katanya, belum lama ini.

Tim Perwakilan BKKBN Sulawesi Tenggara melakukan pendataan dan kunjungan ke warga. Foto: Facebook BKKBN Sultra

 

Sebagai tambahan, dikutip dari kemkes.go.id, rendahnya akses terhadap layanan kesehatan, termasuk di dalamnya akses terhadap sanitasi dan air bersih, dapat meningkatkan risiko terkena penyakit infeksi pada anak-anak.

Dalam rangka mencegah stunting, penting bagi masyarakat untuk memahami pentingnya praktik kebersihan, seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menghindari buang air besar sembarangan.

Baca Juga: Ibu Hamil Diimbau Rutin Periksa Kehamilan demi Cegah Stunting

Peran ibu dalam mengatur kesehatan dan gizi di keluarga sangatlah penting. Pemahaman ibu tentang pola asuh dan status gizi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesehatan dan pertumbuhan anak.

Oleh karena itu, bagi pemerintah, edukasi merupakan hal yang krusial dalam upaya mengubah perilaku sehingga dapat meningkatkan kesehatan gizi ibu dan anak untuk mencegah terjadinya stunting baru. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga