Akreditasi Unggul, Fakultas Teknik UHO Kendari Optimal Lahirkan Alumni Andal

Bambang Sutrisno, telisik indonesia
Selasa, 16 Juli 2024
0 dilihat
Akreditasi Unggul, Fakultas Teknik UHO Kendari Optimal Lahirkan Alumni Andal
Dekan Fakultas Teknik UHO, Edward Ngii dan gedung Fakultas Teknik. Foto: Kolase

" Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dihadapkan dengan tantangan persaingan di era perkembangan teknologi pesat saat ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dihadapkan dengan tantangan persaingan di era perkembangan teknologi pesat saat ini.

Atas dasar itu, Fakultas Teknik UHO terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas pengetahuan dan Sumber Daya Manusia (SDM) mahasiswa agar mahasiswa mampu menjawab tantangan zaman.

Dekan Fakultas Teknik UHO Kendari, Edward Ngii mengatakan, tantangan dan peluang mahasiswa dalam persaingan menghadapi global sangat tinggi, maka dari itu dibutuhkan mahasiwa kreatif, inovatif dan produktif.

“Fakultas Teknik UHO terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan SDM mahasiswa," katanya, Selasa (16/7/2024).

Baca Juga: VIP Protection Diterapkan Polda Sulawesi Tenggara Pengawalan Calon Kepala Daerah

Ia memaparkan, beberapa langkah konkret dan strategi yang ditempuh Fakultas Teknik (FT) UHO dalam upaya menyiapkan SDM unggul. Strategi tersebut mencakup program magang internasional, uji sertifikasi kompetensi bidang konstruksi melalui kerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar.

"Termasuk juga sertifikasi bidang ketenagalistrikan yang diselenggarakan bersama direktorat jenderal terkait," ujarnya.

Dalam bidang akademik, mahasiswa FT UHO dibekali dengan pelatihan Building Information Modeling (BIM) dan penggunaan software lainnya, serta diikutsertakan dalam berbagai kompetisi di dalam maupun luar negeri.

"Dengan berbagai strategi ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM mahasiswa maupun alumni FT UHO," jelasnya.

Selanjutnya, sarana dan prasarana Fakultas Teknik UHO akan diperkuat untuk memaksimalkan potensinya. Dengan demikian, mahasiswa dapat menggunakan fasilitas yang ada untuk meningkatkan kompetensinya.

Selain itu, melalui jaringan kerjasama Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI), diharapkan proses pembangunan SDM semakin cepat mencapai keunggulan.

Saat ini, sudah ada dua program studi yang terakreditasi unggul, yakni Prodi Teknik Sipil dan Prodi Teknik Elektro. "Semoga di tahun mendatang, ada yang terakreditasi internasional," katanya.

Perkembangan teknologi sangat pesat seperti sekarang ini, dibutuhkan mahasiswa atau alumni yang terampil, berkualitas, dan berinovasi. Dengan demikian, FT UHO dapat berkontribusi maksimal dalam mendukung kemajuan wilayah maritim yang menjadi arah visi dan misi UHO.

Ia menambahkan, kedepannya FT UHO akan mendorong lebih banyak kerjasama dan kolaborasi internasional.

Baca Juga: Penyanyi Dola-Dola Hibur Warga Kota Kendari di Acara Kick Off Pengawasan Pemilihan Serentak 2024

Untuk tahun ini, FT UHO akan bekerjasama dengan INTI International University and Colleges Malaysia (peringkat 516 QS World University) dalam pelaksanaan conference ICETSD 2024 di Malaysia.

Dalam acara internasional tersebut, dosen Teknik Sipil Adris Ade Putra, diundang sebagai salah satu pembicara utama.

Selain itu, dosen dan mahasiswa akan mempresentasikan hasil-hasil riset mereka dan juga akan dilakukan kegiatan pengabdian internasional saat pelaksanaan acara.

"Kesuksesan FT UHO dalam merealisasikan program-program tersebut tidak lepas dari dukungan Bapak Rektor UHO Muhammad Zamrun. Dengan dukungan pimpinan yang visioner, FT UHO akan semakin mudah berkembang, sehingga dapat sejajar dengan fakultas teknik lainnya yang telah maju di Indonesia," ungkapnya. (C)

Penulis: Bambang Sutrisno

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga