Aksi Nyata KNPI Muna, Bicang Sehat, Pemeriksaan Kesehatan Hingga Donor Darah

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 20 Februari 2022
0 dilihat
Aksi Nyata KNPI Muna, Bicang Sehat, Pemeriksaan Kesehatan Hingga Donor Darah
Bincang sehat dan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan KNPI Muna. Foto: Sunaryo/Telisik

" Organisasi pemuda yang diketuai La Ode Muhram Naadu itu tak henti-hentinya mengambil peran dalam membantu pemerintah "

MUNA, SULTRAKU.COM - DPD II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Muna terus berkarya. Organisasi pemuda yang diketuai La Ode Muhram Naadu itu tak henti-hentinya mengambil peran dalam membantu pemerintah.

Di tengah pandemi COVID-19 yang belum juga berakhir, mereka melakukan aksi nyata dengan menggelar bincang sehat, pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah.

Dalam giat bicang sehat, KNPI versi Haris Pertama itu mengambil tema kolaboraai karya dalam mewujudkan Wuna sehat, mandiri dan sejahtera. Tiga pemateri dihadirkan. Adalah Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Muna, dr La Ode Abdul Wahid Agigi, Dokter Spesialis Anak, dr Gita Novalina dan Ketua DPD II KNPI Muna, La Ode Muhram Naadu.

Ketua Panitia pelaksana kegiatan, dr Yakdatamare Yakub menerangkan, bincang sehat, pemeriksaan kesehatan dan donor darah merupakan kegiatan pemantik yang dilakukan KNPI.

"Dari kegiatan pemantik ini, ada kegiatan inti yang KNPI rintis," kata Yakdatamare, Minggu (20/2/2022).

Adapun kegiatan inti yang sedang digagas adalah menyangkut isu lingkungan, kesehatan dan ekonomi kreatif. KNPI akan membuat suatu lingkungan binaan yang menjadi contoh lingkungan lain dengan menerapkan konsep ecobrick. Di mana, melalui ecobrick itu, pengolahan sampah plastik yang dapat bernilai ekonomis.

"Muaranya nanti akan terbentuk klinik sampah plastik, sehingga dokter yang melakukan pemeriksaan kesehatan dibayar menggunakan sampah dan ditukar di bank sampah," terangnya.

Baca Juga: Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Baubau 250 Orang, Masuk Zona Kuning

Sekretaris DPD II KNPI Muna,  LM Muchlis Imam Bangsawan menegaskan, pemuda akan terus menjadi garda terdepan dalam memajukan daerah dan meningkatkan ekonomi masyarakat ditengah pandemi COVID-19. Katanya, pemuda harus melebihi dari kader lain.

"Dengan SDM yang ada, kami dari KNPI akan terus aktif melakukan kegiatan yang bisa bermafaat bagi daerah dan masyarakat," terang pria yang kerapa disapa Mian itu.

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba melalui Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Syahrir sangat menparesiasi dan suport inovasi yang dilakukan KNPI.

Syahrir bilang, dari tahun ke tahun pembangunan di Bumi Sowite terus mengalami peningkatan. Namun, di balik itu masih terdapat beberapa kekurangan. Masalah yang dihadapi daerah saat ini adalah terbatasnya akses inftrastruktur, ekonomi dan sosial.

Baca Juga: Kajati dan Wakajati NTT Dimutasi, Ini Penggantinya

Khusus, masalah lingkungan, sampah masih banyak ditemukan menumpuk di setiap sudut jalan. Hal itu disebabkan, jumlah produksi sampah tidak sebanding dengan armada. Nah, melalui inovasi ecobrick yang digagas KNPI diharapkan dapat mengurai persoalan sampah.

"Untuk meningkatkan daya saing daerah menuju Muna maju dan sejahtera, peran KNPI sangat dibutuhkan," tukasnya. (A)

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga