Aliansi Rakyat Surabaya Gelar Aksi Dukung Perjuangan Rakyat Palestina

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Minggu, 12 November 2023
0 dilihat
Aliansi Rakyat Surabaya Gelar Aksi Dukung Perjuangan Rakyat Palestina
Ribuan masyarakat termasuk ormas se-Surabaya yang mengatasnamakan Aliansi Rakyat Bela Palestina, menggelar aksi keprihatinan bagi rakyat Palestina di Grahadi dan Taman Bungkul Surabaya. Foto: Yudhie/Telisik

" Aliansi Rakyat Bela Palestina menggelar aksi keprihatinan bagi rakyat Palestina di Grahadi dan Taman Bungkul Surabaya, Minggu (12/11/2023) "

SURABAYA, TELISIK.ID - Ribuan masyarakat termasuk ormas se-Surabaya  yang mengatasnamakan Aliansi Rakyat Bela Palestina, menggelar aksi keprihatinan bagi rakyat Palestina di Grahadi dan Taman Bungkul Surabaya, Minggu (12/11/2023).

Dalam aksi tersebut, mereka menuntut agar aksi kekerasan terhadap rakyat Palestina yang dilakukan oleh zionis Israel dihentikan. Tak hanya itu, dalam aksi tersebut, peserta aksi membawa sejumlah karton di antaranya bertuliskan dukungan terhadap kebebasan bangsa Palestina serta kalimat mengecam agresi militer Zionis Israel.'Bombing children and women killing the future,' salah satu kalimat pada poster yang dibawa pengunjuk rasa.

"Jangan tindak rakyat Palestina dan beri kemerdekaan untuk mereka. Bangsa Indonesia berada di belakang rakyat Palestina," ujar Andis, salah satu peserta aksi saat ditemui di lokasi.

Baca Juga: 6 Film dengan Latar Belakang Konflik Palestina-Israel

Diungkapkan warga Gayungsari Surabaya ini, perang telah membawa kerugian banyak pihak, mulai harta benda hingga korban jiwa. Anak-anak terutama yang tak berdosa, menjadi korban jiwa akibat kebiadaban perang tersebut.

Sedangkan Darmawan, salah satu peserta aksi mengatakan bahwa masyarakat Surabaya mendukung penuh upaya Pemerintah Indonesia yang turut serta mengutuk aksi kekejaman Israel terhadap rakyat Palestina.

"Sikap Menlu RI di DK PBB beberapa hari lalu sudah menunjukkan sikap tegas bangsa Indonesia yang mengutuk kekejaman Israel," tuturnya.

Tak hanya itu, sambung pria dua anak ini, pihaknya mengajak warga Surabaya untuk bersama-sama menggalang donasi bantuan untuk warga Palestina baik berupa makanan, obat-obatan maupun dana. Penyalurannya akan dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait agar sampai ke Palestina.

Sementara itu, di sela-sela aksi, peserta aksi juga menggelar doa bersama untuk rakyat Palestina, sebagai bentuk keprihatinan atas penderitaan rakyat Palestina.

"Mereka juga muslim, sudah sebagai kewajiban sesama muslim untuk saling mendoakan," ujar Arianto, peserta aksi lainnya.

Baca Juga: Israel Gunakan Senjata Terlarang Bom Fosfor untuk Genosida Warga Palestina

Sekedar diketahui, dalam sidang KTT luar biasa OKI di Arab Saudi, mendesak agar OKI mampu melakukan hal-hal yang konkret 'agar kekejaman Israel di Gaza segera dihentikan'.

"Satu bulan telah terjadi kekejaman ini dan dunia seolah-olah tak berdaya. Lebih dari 7,9 miliar penduduk dunia dan 190 pimpinan negara, tapi sampai saat ini tak satupun yang mampu menghentikan kekejaman ini," tutur Jokowi seperti dikutip dari tayangan saluran YouTube OKI, Sabtu (11/11/2023) kemarin.

"Oleh karena itu, OKI hari bersatu dan berada di depan untuk penyelesaian masalah ini," imbuhnya. (A)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga