Amalan Utama di Malam Nisfu Syaban, Nomor 3 Allah Mudahkan Rezeki

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 07 Maret 2023
0 dilihat
Amalan Utama di Malam Nisfu Syaban, Nomor 3 Allah Mudahkan Rezeki
Ada tiga amalan utama di malam nisfu Syaban, agar kita senantiasa menjemput pahala dan keutamaan-keutamaannya. Foto: Repro Detik.com

" Pada bulan Syaban Allah membuka pintu rahmat dan ampunan seluas-luasnya. Karenanya, dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunnah "

KENDARI, TELISIK.ID - Ada tiga amalan utama di malam nisfu Sya'ban, agar kita senantiasa menjemput pahala dan keutamaan-keutamaannya.

Dilansir dari halaman Facebook Ustadzah Sybil Zahra, Sya’ban berarti bulan penuh berkah dan kebaikan. Pada bulan ini Allah membuka pintu rahmat dan ampunan seluas-luasnya. Karenanya, dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunnah seperti puasa sunnah.

Hal ini sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Sebuah hadis mengatakan bahwa Nabi SAW lebih sering puasa sunnah di bulan Syaban dibandingkan pada bulan lainnya, (HR al-Bukhari).

Maksudnya menghidupkan malam di sini ialah memperbanyak ibadah dan melakukan amalan baik pada malam nisfu Syaban.

Sayyid Muhammad bin ‘Alawi al-Maliki menegaskan bahwa terdapat banyak kemuliaan di malam nisfu Syaban; Allah SWT akan mengampuni dosa orang yang minta ampunan pada malam itu, mengasihi orang yang minta kasih, menjawab doa orang yang meminta, melapangkan penderitaan orang susah, dan membebaskan sekelompok orang dari neraka.

Baca Juga: Anjuran Perbanyak Istighfar di Malam Nisfu Syaban

Setidaknya terdapat tiga amalan yang dapat dilakukan pada malam nisfu Syaban. Melansir Jurnalsoerang.com, tiga amalan ini diambil dari kitab Madza fi Syaban karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki:

1. Memperbanyak doa

2. Membaca kalimat syahadat sebanyak-banyaknya. Karena kalimat syahadat merupakan kalimat ikhlas.

3. Membaca istighfar

Baca Juga: Ciri-Ciri Rezeki yang Berkah

Malam nisfu Syaban merupakan malam magfhirah (malam pengampunan), tak ayal, kita senantiasa memohon pengampunan kepada Allah SWT.

Membaca Istighfar merupakan kebutuhan kaum muslimin, karena tidak ada seorang pun di dunia ini yang bersih dari salah dan dosa.

Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis. Pada bulan Syaban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga