Andap Budhi Revianto Bakal Dilantik Besok oleh Kemendagri

Erni Yanti, telisik indonesia
Senin, 04 September 2023
0 dilihat
Andap Budhi Revianto Bakal Dilantik Besok oleh Kemendagri
Andap Budhi Revianto bakal dilantik jadi Pj Gubernur Sulawesi Tenggara oleh Kemendagri pada (5/9/2023) besok. Foto: Kompas.com

" Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara yang diduduki oleh Andap Budhi Revianto akan dilantik, Selasa (5/8/2023) besok, sekaligus berakhirnya masa jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi dan Wakil Gubernur Lukman Abunawas "

KENDARI, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara yang diduduki oleh Andap Budhi Revianto akan dilantik, Selasa (5/8/2023) besok, sekaligus berakhirnya masa jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi dan Wakil Gubernur Lukman Abunawas.

Masa jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi dan Wakilnya Lukman Abunawas, akan berakhir, Selasa 5 September 2023, besok.

Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada pasal 162 ayat (2), di mana masa jabatan kepala daerah dihitung lima tahun sejak dilantik.

Baca Juga: Abu Hasan Dukung Andap Budhi Revianto jadi Pj Gubernur Sulawesi Tenggara

Sekda Sulawesi Tenggara, Asrun Lio mengatakan, pelantikan pelantikan Pj gubernur akan berlangsung dengan undangan terbatas, yakni Gubernur, Wakil Gubernur, Sekda dan Forkopimda.

"Pj gubernur dilantik oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) besok pukul 09:00 Wita," beber Asrun Lio pasca pelantikan di Rujab Gubernur, Senin (4/9/2023).

Pelantikan tersebut akan dilaksanan di Kemendagri atas arahan Presiden. "Tentu atas perintah Presiden, akan dilaksanakan di Kemendagri. Kecuali presiden sendiri yang melantik maka akan dilaksanakan di Istana Negara," jelas Asrun Lio, Senin (4/9/2023).

Diberitakan sebelumnya, Ali Mazi tidak mempersoalkan siapa yang akan menggantinya nanti, namun berharap agar program yang belum diselesaikan dilanjutkan oleh Pj gubernur.

Baca Juga: Beredar 10 Nama Pj Gubernur di Indonesia, Ada Nama Andap Budhi Revianto

"Pak Andap juga orang Indonesia bukan orang luar, dan mereka bekerja untuk kepentingan masyarakat," tegasnya.

Pengamat politik, M Najib Husain pada beberapa waktu lalu menuturkan, jika Pj Gubernur Sulawesi Tenggara sebaiknya berasal dari putra daerah.

"Tinggal bagaimana kekuatan lobi yang dilakukan oleh pemda terhadap orang-orang yang diusul. Jadi tidak sekedar menyetor nama, tapi memenuhi syarat administrasi dan jelas rekam jejak kepemimpinan selama ini oleh publik dan terakhir harus tetap dikawal," bebernya. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga