Anggaran APBD Konawe Tahun 2021 Turun

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Sabtu, 28 November 2020
0 dilihat
Anggaran APBD Konawe Tahun 2021 Turun
Sekda Konawe, Ferdinan Sapan. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

" Jadi pengurangan DAU ini bukan karena keterlambatan pembahasan rancangan APDB, tapi penyesuaian formula yang ada. Kondisi keuangan negara akibat pandemi COVID-19. "

KONAWE, TELISIK.ID - Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Konawe pada tahun 2021, diperkirakan lebih rendah jika dibandingkan tahun 2020 lalu.

Sebelumnya, tahun lalu APBD mencapai Rp 1,6 Triliun maka tahun 2021 mengalami penurunan. Hal ini disebabkan adanya penyesuaian pendapatan daerah yang belum memenuhi target di tahun ini, serta penurunan nominal transfer dana alokasi umum dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah Kabupaten Konawe.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinan Sapan mengatakan, pengurangan Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat itu karena menyesuaikan dengan kondisi keuangan negara di tengah masa pandemi COVID-19.

"Jadi pengurangan DAU ini bukan karena keterlambatan pembahasan rancangan APDB, tapi penyesuaian formula yang ada. Kondisi keuangan negara akibat pandemi COVID-19," terang Ferdinan, Sabtu (28/11/2020).

Baca juga: Warga Wakatobi Tolak Pinjaman Daerah Sebesar Rp 200 Miliar

Ia melanjutkan, semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah mengusulkan rencana kerja tahun 2021 ke depan. Hanya saja memang masih ada tahapan dalam rancangan APBD tahun 2021 itu.

"Kita akan menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Untuk dana penanganan COVID-19 tetap kita masukkan juga untuk 2021," jelas Ferdinan yang juga menjabat Ketua Gugus Tugas COVID-19 Konawe.

Karena Instruksi pemerintah pusat tetap memprioritaskan penananganan COVID-19, sebab belum ada jaminan kapan pandemi ini akan berakhir. (B)

Reporter: Muhamad Surya Putra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga