Anggota DPRD Kolut Sumbang Gaji Rp200 Juta untuk Masker

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 07 April 2020
0 dilihat
Anggota DPRD Kolut Sumbang Gaji Rp200 Juta untuk Masker
Rapat internal anggota DPRD Kolut yang menyepakati masing-masing anggota menyumbang sebanyak Rp8 juta. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Persoalan pelindung diri terhadap COVID-19 yang sangat dibutuhkan masyarakat sekarang hanya dua saja yakni masker dan penyemprotan disinfektan di rumah masyarakat. Dan yang paling dibutuhkan masyarakat saat ini masker. Selain langka, harganya juga sudah mahal "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Antisipasi penyebaran COVID-19, anggota DPRD Kolaka Utara (Kolut) menyumbangkan Rp200 juta untuk pengadaan 50.000 lembar masker kain yang nantinya akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat Kolut secara merata.

Sumbangan tersebut bersumber dari gaji 25 orang anggota DPRD Kolut, yang setiap orang menyisihkan Rp8 juta.

Menurut Mustamrin Saleh, SP, dari Fraksi PPP, mereka ngotot mengusulkan pengadaan 50.000 lembar masker kain dengan menyisihkan gaji masing-masing anggota DPRD Kolut karena saat ini masyarakat sangat membutuhkan masker.

"Persoalan pelindung diri terhadap COVID-19 yang sangat dibutuhkan masyarakat sekarang hanya dua saja yakni masker dan  penyemprotan disinfektan di rumah masyarakat. Dan yang paling dibutuhkan masyarakat saat ini masker. Selain langka, harganya juga sudah mahal," kata Mustamrin, Selasa (7/4/2020).

Dan kalau kebutuhan masker untuk masyarakat Kolut sudah terpenuhi, katanya, maka Pemda Kolut berhak mengadakan razia masker.

"Bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker tidak diperbolehkan lagi melintas di tempat umum, jika kebutuhan masker bagi masyarakat sudah terpenuhi semua," jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kolut, Buhari, S.Kel., M.Si, mengungkapkan bahwa sumbangan Rp200 juta dari DPRD Kolut  berdasarkan kesepakatan semua fraksi yang ada di DPRD. Merupakan kerja nyata DPRD untuk masyarakat Kolut.

"Jadi ini kesepakatan semua fraksi yang ada di DPRD Kolut untuk memyumbakan gaji mereka sebesar Rp8 juta perorang dan total keseluruhan Rp200 juta dengan target 50.000 lembar masker kain. Insyaallah dalam waktu dekat ini masker tersebut akan dikerjakan," ungkap Buhari.

Lebih lanjut, Ketua DPRD Kolut menjelaskan, 50.000 masker tersebut akan dibagikan secara serentak.

Di tempat terpisah, Wakil  Ketua I DPRD Kolut, Hj. Ulfa Haeruddin, ST, mengatakan, 50.000 lembar masker dengan total anggaran Rp200 juta akan dibuat oleh penjahit lokal yang ada di Kolut.

"Kita akan berdayakan penjahit lokal sehingga mereka tetap bisa berproduksi dan roda prekonomian di Kolut tetap berputar," tutupnya.

Reporter: Muh. Risal

Editor: Rani

Baca Juga