Masih Ingat Balita Penderita Gizi Buruk dan Hidrosefalus di Buton? Begini Kondisinya

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Sabtu, 12 Desember 2020
0 dilihat
Masih Ingat Balita Penderita Gizi Buruk dan Hidrosefalus di Buton? Begini Kondisinya
Fajril, bocah penderita gizi buruk dan Hidrosefalus. Foto: Ist.

" Kita sudah ambil hasil CT scannya dan kata dokter kalau tidak ada halangan jadwal operasi akan dilakukan tanggal dua Januari bulan depan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dengan bantuan para relawan, Fajril, balita penderita gizi buruk dan hidrosefalus kini tengah berada di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan.

Kondisinya pun mulai berangsur membaik, setelah menjalani perawatan penambahan gizi di bagian poli anak di Rumah sakit tersebut.

Bocah berusia lima tahun itu sudah dijadwalkan melakukan operasi untuk hidrosefalus yang dideritanya.

Seperti yang diungkapkan Melani, relawan yang membantu keluarga Fajril, pemeriksaan CT scan atau pemanduan prosedur medis sebelum melakukan operasi telah dilakukan.

"Kita sudah ambil hasil CT scannya dan kata dokter kalau tidak ada halangan jadwal operasi akan dilakukan tanggal dua Januari bulan depan," ungkap Melani melalui sambungan telepon, Jumat (11/12/2020).

Sambil menunggu jadwal operasi, tambah Melani, Fajril pun dirawat di poli anak untuk penambahan gizi.

Hal itu dilakukan untuk mengatasi gizi buruk yang dideritanya yaitu dengan memasukkan nutrisi melalui selang sebelum pihak rumah sakit melakukan tindakan operasi.

Baca juga: 23 Rumah Warga Brebes Rusak Akibat Diguncang Gempa

Dalam pemberitaan sebelumnya, Fajril yang tinggal di Desa Labuandiri, Kecamatan Siontapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, mencari donatur untuk biaya berobat.

Ia terindikasi menderita penumpukan cairan di rongga otak atau hidrosefalus danĀ gizi buruk yang membuat tampak sangat kurus.

Kedua orang tua hanya bisa pasrah melihat kondisinya, sebab keterbatasan ekonomi tak memungkinkan untuk membiayai pengobatan sang anak.

Beberapa relawan bersama pihak keluarga mencoba membuka donasi untuk biaya pengobatan Fajril.

Dan Alhamdulillah, dermawan yang teketuk hatinya pun berhasil mengumpulkan dana untuk biaya operasi balita malang ini.

Olehnya itu, pihak keluarga berterimakasih kepada para dermawan serta relawan yang telah membantu materi dan doa untuk biaya perawatan dan kesembuhan Fajril. (B)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga