Angin Kencang di Kabupaten Lampung Tengah, 15 Unit Rumah Rusak

Marwan Azis, telisik indonesia
Minggu, 24 Oktober 2021
0 dilihat
Angin Kencang di Kabupaten Lampung Tengah, 15 Unit Rumah Rusak
Kondisi rumah warga yang mengalami kerusakan akibat angin kencang di Lampung Tengah. Foto: BPBD Kabupaten Lampung Tengah

" Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Tengah melaporkan angin kencang melanda Desa 2B Jaya Sakti, Kecamatan Terusan Nyunyai, Kabupaten Lampung Tengah. "

LAMPUNG, TELISIK.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Tengah melaporkan angin kencang melanda Desa 2B Jaya Sakti, Kecamatan Terusan Nyunyai, Kabupaten Lampung Tengah.

Peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (22/10/2021) pukul 15.30 waktu setempat.

"Kejadian tersebut memicu kerusakan ringan pada 15 rumah warga," kata Abdul Muhari, Ph.D, Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Minggu (24/10/2021).

Meski terdampak, kata Muhari, tidak ada warga yang mengungsi akibat peristiwa tersebut.

Paska kejadian, BPBD bergotong royong dengan warga setempat untuk langsung membersihkan dan memperbaiki rumah warga yang rusak.

BPBD Kabupaten Lampung Tengah melaporkan pihaknya telah memberikan bantuan logistik kepada warga terdampak angin kencang pada Sabtu (23/10/2021).

Kepala Subbidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lampung Tengah, Jamiludin mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk memberikan bantuan logistik.

Adapun bantuan logistik yang diberikan berupa paket makanan berisi beras, mie instan, ikan kaleng, susu, dan makanan siap saji.

Baca juga: Tanah Longsor di Deli Serdang, Tiga Warga Dilaporkan Meninggal

Baca juga: Tolitoli Dihantam Banjir Bandang

Rencananya, Senin (25/10/2021) nanti BPBD Provinsi Lampung juga akan memberikan bantuan logistik tambahan kepada warga.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Lampung Tengah untuk memberikan bantuan logistik. Senin besok BPBD Provinsi juga berencana untuk memberikan bantuan," kata Jamiludin melalui sambungan telepon.

BPBD setempat juga mengaku akan menurunkan tim untuk melakukan asesmen terkait kerusakan dan kerugian yang timbul akibat peristiwa angin kencang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan beberapa wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang seperti di Aceh, Bangka Belitung, Lampumg Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, dan Gorontalo.

BNPB meminta pemerintah daerah dan masyarakat untuk terus mewaspadai dan meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi hujan lebat dan angin kencang yang dapat menyebabkan kerugian. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga