Bacaan dan Tata Cara Qunut Nazilah untuk Doakan Palestina

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 13 November 2023
0 dilihat
Bacaan dan Tata Cara Qunut Nazilah untuk Doakan Palestina
Doa Qunut Nazilah sebagai wujud solidaritas dengan rakyat Palestina yang sedang menghadapi situasi genosida. Foto: Repro Liputan6.com

" Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan kepada umat Islam di seluruh dunia untuk melakukan Qunut Nazilah guna mendoakan keselamatan bagi bangsa Palestina "

KENDARI, TELISIK.ID – Kondisi Gaza, Palestina, yang dibombardir tentara Israel jadi perhatian masyarakat dunia, termasuk bagi umat muslim. Umat muslim dianjurkan melakukan Doa Qunut Nazilah sebagai wujud solidaritas dengan rakyat Palestina.

Dilansir dari Kompas.tv, Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada 13 Oktober 2023 lalu, menyerukan kepada umat Islam di seluruh dunia untuk melakukan Qunut Nazilah guna mendoakan keselamatan bagi bangsa Palestina.

Selain itu, MUI juga mengimbau agar umat islam melaksanakan salat ghaib bagi syuhada Palestina di masjid-masjid seluruh Indonesia.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Allah SWT Memilih Nabi Isa Bunuh Dajjal dalam Alquran

Apa Itu Qunut Nazilah?

Melansir NU Online, Qunut Zazilah atau ‘qunut petaka’ adalah doa yang dibaca ketika umat Islam menghadapi atau mengalami persoalan yang berat, seperti keamanan, bencana alam, tragedi kemanusiaan, dan lain sebagainya.

Doa ini disunahkan untuk dibaca dan diamalkan sejauh bencana masih menimpa umat Islam. Jika bencana ‘sudah tidak ada’, maka tidak disunahkan lagi. Qunut Nazilah pertama kali diamalkan oleh Rasulullah. Saat itu terjadi tragedi Ar-Raji dan Bir Ma’unah.

Dalam dua tragedi itu, utusan umat Islam yang ditugaskan Nabi Muhammad untuk mengajarkan Islam kepada suku ‘Adhal/’Udhul dan Al-Qarahs, serta penduduk Nejd dibantai. Nabi Muhammad berdoa agar Allah memberikan balasan kepada para penghianat tersebut selama sebulan penuh setiap salat subuh.

Doa Nabi itulah yang kemudian disebut dengan qunut nazilah atau qunut petaka dan terus diamalkan hingga kini, terutama ketika umat Islam sedang menghadapi suatu persoalan yang berat.

Qunut Nazilah untuk Mendoakan Palestina

Berikut doa Qunut Nazilah versi pendek dalam bahasa Arab, latin dan terjemahannya.

Allahumma inna nasta‘inuka wa nastaghfiruk, wa nastahdika wa nu’minu bik wa natawakkalu alaik, wa nutsni alaikal khaira kullahu nasykuruka wa la nakfuruk, wa nakhla‘u wa natruku man yafjuruk. Allahumma iyyaka na‘budu, wa laka nushalli wa nasjud, wa ilaika nas‘a wa nahfid, narja rahmataka wa nakhsya adzabak, inna adzabakal jidda bil kuffari mulhaq.

Artinya, “Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu. Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan salat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengaharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir.”

Baca Juga: 7 Cara Setan Jerumuskan Manusia

Dikutip dari Umsu.ac.id, terkait tata cara Doa Qunut Nazilah untuk Palestina, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Tata Cara Doa Qunut Nazilah untuk Palestina

2. Membaca doa qunut di setiap salat wajib pada rakaat terakhir setelah rukuk.

3. Membaca doa qunut nazilah

4. Membaca doa Qunut Nazilah pelan saat salat Zuhur dan Asar dan membaca keras saat salat Subuh, Magrib, dan Isya, baik yang dilakukan sendiri maupun berjamaah.

5. Bagi imam yang membaca doa Qunut Nazilah dapat mengubah kata ganti sendiri menjadi kata ganti untuk orang banyak. Makmum cukup mengaminkannya. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga