Logo Telisik.id

4 Amalan yang Mendatangkan Pahala Berlimpah di Bulan Ramadan

625 dibaca 4 Amalan yang Mendatangkan Pahala Berlimpah di Bulan Ramadan

Iktikaf adalah salah satu amalan yang paling utama di bulan Ramadan. Foto: Repro Tirto.id

" Rasulullah SAW selalu beriktikaf pada sepuluh hari yang penghabisan di bulan Ramadan."

KENDARI, TELISIK.ID - Tak terasa, bulan suci Ramadan tinggal menghitung hari lagi.

Bulan Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu kedatangannya oleh umat Islam di dunia.

Setiap amalan yang dilakukan selama bulan Ramadan tersebut akan mendatangkan pahala yang melimpah. Umat muslim seolah berlomba-lomba meningkatkan amalan ibadah di bulan suci nan istimewa ini.

Amalan yang mendatangkan banyak pahala tersebut tentunya dengan menjalankan ibadah puasa Ramadan dan salat lima waktu.  

Dilansir dari suara.com jaringan Telisik.id, Selain puasa dan salat lima waktu, ada juga amalan-amalan lainnya. Nah, berikut ini beberapa amalan di bulan Ramadan yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan amal ibadah.

1. Tadarus Al-Qur'an

Amalan ibadah di bulan Ramadan selain puasa yang bisa kamu lakukan yaitu tadarus (membaca Al-Quran) dan mengkhatamkannya. Allah akan melipatgandakan pahalanya bagi siapa saja yang membaca Al-Quran di bulan Ramadan, terlebih lagi jika membaca sampai khatam.

2. Perbanyak sedekah

Amalan berikutnya yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadan agar amal ibadah meningkat yaitu dengan perbanyak sedekah. Hal tersebut juga tercantum dalam hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi.

”Dari Anas RA, sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadan”

Oleh karena itu, sebagai umat muslim sudah semestinya untuk mengikuti ajaran Rasulullah dengan perbanyak sedekah, khususnya di bulan suci ini.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Ini 4 Amalan yang Perlu Dilakukan

3. Rutin Ibadah Tarawih

Ibadah Tarawih merupakan ibadah sunah yang khas karena hanya ada di bulan Ramadan. Ibadah sunah ini juga jadi salah satu amalan bulan Ramadan yang memiliki pahala berlipat-lipat.

Oleh karena itu, umat muslim hendaknya menjalankan ibadah Tarawih selama Ramadan, kecuali bagi mereka yang berhalangan, seperti haid, nifas, maupun sakit.

4. Iktikaf dan Dzikir

Iktikaf (mendekatkan diri pada Allah  SWT) juga salah satu amalan yang bisa dilakukan di bulan Ramadan. Umumnya, iktikaf dilakukan di masjid. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhori Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

“Rasulullah SAW selalu beriktikaf pada sepuluh hari yang penghabisan di bulan Ramadan.”

Selain iktikaf, zikir juga jadi salah satu amalan yang memiliki pahala berlipat-lipat bagi yang menjalakannya di bulan di Ramadan. Maka dari itu, hendaknya perbanyak iktikaf dan zikir selama bulan Ramadan.

Nah, demikian beberapa amalan di bulan Ramadan yang mendatangkan pahala melimpah bagi siapa saja yang menjalankannya dengan penuh ketulusan. (C)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Post Tags:

Copyright © 2019 telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video