Bangkitkan Jiwa Nasionalis di Hari Sumpah Pemuda, Koprabuh Gelar Aksi Tanam Pohon

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Senin, 26 Oktober 2020
0 dilihat
Bangkitkan Jiwa Nasionalis di Hari Sumpah Pemuda, Koprabuh Gelar Aksi Tanam Pohon
Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Koprabuh akan gelar aksi tanam pohon di hutan gundul. Foto: Repro Google.com

" Daripada hanya sekedar update status tentang Hari Sumpah Pemuda tanpa adanya pergerakan. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Koperasi Produsen Anugerah Bumi Hijau (Koprabuh) Mahasiswa Sulawesi Tenggara (Sultra), bakal menggelar aksi tanam pohon di Puncak Popalia, Kecamatan Wolasi, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Kepala Cabang Koprabuh Mahasiswa Sultra, Arfan Harja Rombe mengatakan, kegiatan tersebut bakal digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92.

"Kegiatannya selama dua hari, Selasa-Rabu 27-28 Oktober 2020. Pesertanya sekitar 100 orang, dan kami juga telah bekerjasama dengan Tim Pengelola Wana Wisata Puncak Popalia," kata Arfan, Senin (26/10/2020).

Arfan menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai aksi nyata dalam membangkitkan jiwa nasionalis pemuda di Hari Sumpah Pemuda dalam mencintai alam dan lingkungan sekitar.

"Daripada hanya sekedar update status tentang Hari Sumpah Pemuda tanpa adanya pergerakan," ujarnya.

Baca juga: Libur Panjang, Gubernur Khofifah Ingatkan Masyarakat Ancaman Bencana Hidrometeorologi

Menurutnya, hal itu juga sebagai upaya menyelamatkan hutan yang berpotensi gundul akibat kebakaran. Mengingat, hutan banyak memberi bagi kehidupan manusia.

Manfaat itu, di antaranya sebagai sumber air, sumber oksigen dan masih banyak lagi manfaat lain terhadap kebutuhan manusia.

"Kami pilih Puncak Popalia, karena puncak tersebut sebagai sumber mata air masyarakat sekitar. Terlebih, di sana pernah terbakar, di lokasi bekas terbakar itulah yang akan kami tanami pohon," jelasnya.

Olehnya itu, ia berharap kegiatan tersebut nantinya dapat meningkatkan kepedulian pemuda terhadap lingkungan dengan menanam pohon.

"Baik itu di kawasan hutan yang telah dilanda kebakaran, maupun di pekarangan atau di lahan kosong," tandasnya. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga