Lima Nelayan Busel yang Hilang Ditemukan di Butur

Deni Djohan, telisik indonesia
Kamis, 04 Juni 2020
0 dilihat
Lima Nelayan Busel yang Hilang Ditemukan di Butur
Wakil Ketua Satu DPRD Buton Selatan (Busel), Aliadi bersama para nelayan saat berada di Rumah Sakit Umum Daerah Buton Utara (Butur). Foto: Ist.

" Kita doakan semoga segera pulih kembali. "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Setelah terombang-ambing selama dua hari di laut, lima dari tujuh ABK KM. Dua Putri asal Kecamatan Batuatas, Buton Selatan (Busel) yang dikabarkan hilang akhirnya ditemukan terdampar di pantai Gusi Kadacua, Buton Utara (Butur), Kamis (04/06/2020).

Wakil ketua satu DPRD Busel, Aliadi, mengatakan, ke lima ABK yang diketahui juga sebagai nelayan tersebut, kini sudah berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Butur untuk dilakukan pemeriksaan.

"Kebetulan kami ini sedang melakukan kunjungan kerja (kungker) di Butur ini. Nah mendengar kabar ini kami langsung mendatangi para korban yang sudah berada di rumah sakit Butur," ungkap Aliadi saat dikonfirmasi melalui sambungan teleponnya.

Kata dia, kondisi ke tiga nelayan tersebut berangsur membaik. Hanya saja, salah satu nelayan yang ditemukan pukul 06:00 Wita masih dalam kondisi terbaring lemas.

Baca juga: Dugaan Penggunaan KTP Palsu Mr. Wang Segera Digelar

"Kita doakan semoga segera pulih kembali," tambahnya.

Ketua DPD Hanura Busel ini mengaku, telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Busel terkait penjemputan pemulangan mereka apabila kondisi kesehatannya sudah membaik. Tinggal bagaimana pihak Dinas Sosial ke dua daerah itu berkoordinasi lebih lanjut.

"Mungkin kalau kondisi satu nelayan ini sudah berangsur membaik dalam waktu satu dua hari ini, pihak keluarga bisa langsung ambil untuk kemudian dipulangkan bersama Dinas Sosial Busel," beber legislator tiga periode itu.

Baca juga: Dihantam Ombak, Nelayan Hilang di Sungai Muara Konawe

Diketahui, KM. Dua Putri jenis GT 26 merupakan kapal pencari ikan beranggotakan tujuh orang dengan rute Batuatas-Pulau Buru. Ke tujuh orang tersebut adalah, La Jusri (30), Ikbal (16), Sarfin S (21), Ali Ariwin (21), La Pangi (16), La Lulu (30) dan La Kaslin (27).

Saat berada di perairan Wakatobi atau 23 NM dari daratan kapal mengalami kebocoran pada dinding bawah dan akhirnya tenggelam. Para ABK yang menyelamatkan diri kemudian terpencar.

Dua dari tujuh orang tersebut yakni, La Jusri dan Ikbal ditemukan selamat oleh nelayan Desa Waha, Wakatobi pukul 08:00 Wita. Sedangkan lima lainnya yakni Ld. Sarfin S (21), Ali Ariwin (21), La Pangi (16), La Lulu (30) dan La Kaslin (27) ditemukan di Pantai Gusi Kadacua, Butur.

Reporter: Deni Djohan

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga