Bappeda Sulawesi Tenggara Optimalkan TKDN Demi Peningkatan Ekonomi, Salah Satunya Aspal Buton

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Minggu, 12 November 2023
0 dilihat
Bappeda Sulawesi Tenggara Optimalkan TKDN Demi Peningkatan Ekonomi, Salah Satunya Aspal Buton
Kepala Bappeda Sulawesi Tenggara saat diwawancarai oleh media. Foto: Ist.

" Guna memenuhi program arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), memfokuskan program pemprov ke dalam beberapa aspek "

KENDARI, TELISIK.ID - Guna memenuhi program arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), memfokuskan program pemprov ke dalam beberapa aspek.

Salah satunya aspek yang difokuskan tersebut adalah Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) atau penggunaan barang atau jasa yang bersumber dari dalam negeri. Sebagai mana disampaikan oleh Kepala Bappeda Sulawesi Tenggara, J.Robert Maturbongs.

Menurutnya, optimalisasi program TKDN terus dimaksimalkan pemprov. Dalam setiap pengadaan barang dan jasa, OPD lingkup Sulawesi Tenggara mengakomodir komponen produksi dalam negeri. Salah satunya, produksi dan penggunaan aspal Buton (Asbuton) untuk peningkatan ekonomi daerah.

Baca Juga: Bappeda Sulawesi Tenggara Target Zero Kemiskinan di 2024

Dirinya juga menambahkan, harapannya pada tahun 2024 nanti, seluruh pembangunan infrastruktur di Indonesia menggunakan aspal Buton, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi. Aspal Buton juga mampu menjadi solusi di beberapa masalah pada perekonomian Sulawesi Tenggara dengan Dana Bagi Hasil (DBH) yang didapatkan.

Ketua Kadin Sulawesi Tenggara, Anton Timbang mendukung pemakaian aspal Buton secara nasional. Foto: Ist.

 

"Bila aspal Buton digunakan maka DBH ke daerah akan lebih besar. Sehingga perekonomian baik, stunting dan inflasi bisa turun serta kemiskinan ekstrem terkendali," kata J.Robert.

Sementara itu, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara menyampaikan dukungannya pada Bapeeda, terkait pemanfaatan aspal Buton agar mampu digunakan secara nasional.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Kadin Sulawesi Tenggara, Anton Timbang kepada awak media. Dirinya mengaku telah siap dalam mendukung pemakaian aspal Buton secara nasional.

Dirinya menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengundang Ketua Umum Kadin seluruh Indonesia untuk mempresentasikan segala sesuatunya, mulai dari kualitas hingga ketersediaan bahan baku aspal di Buton.

"Nanti saya akan mempresentasikan bahwa aspal itu sangat luar biasa,” tuturnya.

Baca Juga: Lakukan 17 Tujuan, Bappeda Sulawesi Tenggara Gandeng BPS dan OPD Terkait

Sementara itu, di kesempatan yang terpisah Ketua Umum Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kadin Indonesia, Silverius Oscar Unggul mengatakan, aspal Buton sangat layak untuk didorong secara nasional. Pihaknya juga sudah mengusulkan hal tersebut kepada Ketua Umum Kadin Indonesia.

Menurutnya, aspal Buton sangat baik untuk lingkungan karena dampak lingkungannya sangat rendah dan berbeda dengan hotmix yang diolah dengan minyak bumi, seperti pada aspal umumnya.

“Saya lebih baik itu, karena itu kan dampak pertambangannya lebih kecil apalagi dengan isu claimer check sekarang hotmix dan lain-lain yang paling banyak disorot," tutupnya. (A-Adv)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga