Lakukan 17 Tujuan, Bappeda Sulawesi Tenggara Gandeng BPS dan OPD Terkait

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 13 Juli 2023
0 dilihat
Lakukan 17 Tujuan, Bappeda Sulawesi Tenggara Gandeng BPS dan OPD Terkait
Peserta kegiatan FGD Bappeda Sulawesi Tenggara bertempat di Aula Bappeda Sulawesi Tenggara. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Bappeda Sulawesi Tenggara tengah melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan tujuan pembangunan berkelanjutan "

KENDARI, TELISIK.ID - Bappeda Sulawesi Tenggara tengah melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan tujuan pembangunan berkelanjutan.

Tujuan pembangunan berkelanjutan/sustainable development goals (SDGs) yang selanjutnya disingkat TPB adalah agenda pembangunan global untuk mengakhiri kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan, dan melindungi planet, melalui pencapaian 17 tujuan sampai tahun 2030.

Kepala Bidang Pembangunan Manusia dan Masyarakat Bappeda Sulawesi Tenggara, La Ode Alwi menjelaskan, SDGs merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup 4 pilar (ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola) yang terbagi menjadi 17 tujuan.

Baca Juga: Bappeda Sulawesi Tenggara Koordinir OPD Atasi Stunting untuk Maksimalkan Bonus Demografi

17 tujuan tersebut di antaranya: Tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kehidupan sehat dan sejahtera, Pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi layak, energi bersih dan terjangkau.

Nike Roso Wulandari (kiri), Sttaistisi Ahli Madya, Badan Pusat Statistik Sulawesi Tenggara, saat menjadi narasumber FGD di ruang Aula Bappeda Sulawesi Tenggara. Foto: Nur Khumairah/Telisik

 

Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, industri, inovasi dan infrastruktur, kurangnya kesenjangan, kota dan permukiman yang berkelanjutan, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim, ekosistem lautan, ekosistem daratan, perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh, dan kemitraan untuk mencapai tujuan.

Baca Juga: Rampungkan Patung Oputa Yi Koo, Kepala Bappeda Sulawesi Tenggara: Bisa Jadi Landmark Kota

Nike Roso Wulandari selaku Sttaistisi Ahli Madya, Badan Pusat Statistik Sulawesi Tenggara dalam Forum Group Discussion (FGD) Persiapan Pelaksanaan Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan Pencapaian TPB Provinsi Sulawesi Tenggara menuturkan, jika BPS sendiri ikut berkolaborasi dalam menciptakan 17 tujuan hingga 2023 mendatang.

"Masing-masing OPD di Sulawesi Tenggara bisa mengetahui indikator apa yang bisa mereka sediakan dan semua OPD bisa bersinergi, bisa mengevaluasi kinerja," tutupnya pada Telisik.id, Kamis (13/7/2023). (B-Adv)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga