Basarnas Siagakan Ratusan Personel di Titik Rawan Bencana Alam

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 03 April 2024
0 dilihat
Basarnas Siagakan Ratusan Personel di Titik Rawan Bencana Alam
Personel Basarnas saat melakukan apel siaga jelang Idul Fitri. Foto: Ist.

" Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari melakukan Apel Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2024/1445 Hijriah di Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari melakukan Apel Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2024/1445 Hijriah di Kendari. Siaga SAR ini berlangsung dari tanggal 3 hingga 18 April mendatang.

Tujuan dari siaga ini adalah untuk memberikan pelayanan SAR yang profesional, sinergis, dan militan dalam mendukung kebijakan pemerintah serta bekerja sama dengan kementerian/lembaga terkait untuk memastikan keselamatan dan keamanan.

Keterangan tertulis yang diterima Telisik.id, Kepala KPP Kendari, Muhamad Arafah, menekankan pentingnya menjaga profesionalisme, sinergitas, dan jiwa militan dalam menjalankan tugas SAR. Hal ini untuk memastikan pelayanan terbaik kepada masyarakat korban bencana atau kecelakaan.

Baca Juga: Pemudik Sulawesi Tenggara Diprediksi Meningkat, Polda Buka Puluhan Posko dan Terjunkan Ribuan Personel

Kepala KPP Kendari juga memerintahkan agar prinsip Quick Action Search and Rescue tetap dijunjung tinggi, dengan mempertahankan kesiapan personel, alur, dan peralatan agar waktu tanggap dan waktu tempuh dapat maksimal sehingga korban dapat diselamatkan dengan cepat.

Potensi ancaman yang perlu diwaspadai dalam siaga ini meliputi bencana hidrometeorologi seperti banjir, gelombang tinggi, longsor, dan lainnya, serta bencana geologi seperti gempa bumi dan tsunami. Kecelakaan transportasi dan kondisi membahayakan manusia juga menjadi perhatian.

Baca Juga: Ingin Rehabilitasi Lahan, Masyarakat Bisa Ajukan Proposal di Dishut Sulawesi Tenggara, Ini Syaratnya

Untuk memastikan kesigapan dalam menghadapi potensi bencana tersebut, KPP Kendari menyiapkan 117 personel ASN dengan berbagai sarana dan peralatan, termasuk perahu karet, jet ski, kapal, rescue car, ambulance, ATV, dan peralatan medis dan komunikasi.

Lokasi siaga tersebar di berbagai titik rawan, termasuk pelabuhan, bandara, tempat wisata, dan terminal angkutan darat di Kendari, Kolaka, Baubau, Wakatobi, Luwu Timur, Konawe Utara, dan Muna. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga