Begini Cara Masyarakat Sipil Tanah Air Bisa Diterjunkan Langsung Bantu Gaza Palestina

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 15 Juni 2024
0 dilihat
Begini Cara Masyarakat Sipil Tanah Air Bisa Diterjunkan Langsung Bantu Gaza Palestina
Puing-puing kehancuran bangunan di Gaza, Palestina, akibat serangan Israel. Foto: Repro Anadalo Agency

" Masyarakat sipil Indonesia, disebut-sebut dapat terlibat langsung dalam membantu warga Palestina di Gaza, melalui persyaratan dari kementrian luar negeri "

JAKARTA, TELISIK.ID - Masyarakat sipil Indonesia, disebut-sebut dapat terlibat langsung dalam membantu warga Palestina di Gaza, melalui persyaratan dari kementrian luar negeri.

Hal ini bisa dilakukan dengan bergabung dengan pasukan perdamaian yang akan dikirim ke wilayah konflik tersebut. TNI akan mengirim Batalyon Zeni, satuan khusus yang memiliki tugas utama untuk membangun berbagai fasilitas umum, seperti sekolah, rumah sakit, rumah tinggal, tempat ibadah, hingga tempat rehabilitasi.

Dilansir dari kumparan.com, Sabtu (15/6/2024), Panglima TNI Jendral Agus Subiyanto menjelaskan, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) akan menjadi pihak yang mengatur mekanisme keterlibatan masyarakat sipil.

Baca Juga: Fakta Menarik Manusia Rp 1.700 Triliun Jensen Huang, Sebut Komputer Tak Diperlukan Masa Mendatang

Menurutnya, Kemenlu yang akan menentukan detail prosedur dan persyaratan bagi warga sipil yang ingin berpartisipasi dalam misi kemanusiaan ini.

Namun, Agus belum memberikan rincian lebih lanjut mengenai mekanisme tersebut.

Dalam penjelasannya, Agus menekankan pentingnya kehadiran tenaga ahli dalam misi ini. Misalnya, fasilitas rehabilitasi memerlukan tenaga ahli di bidang psikologi yang memiliki kemampuan dalam pengobatan trauma atau trauma healing.

Dengan demikian, masyarakat sipil yang memiliki keahlian khusus di bidang psikologi bisa berperan penting dalam membantu memulihkan kondisi mental warga Palestina yang terdampak konflik.

Selain itu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga menyampaikan rencana untuk membantu anak-anak Palestina dengan menyediakan tempat di pondok-pondok pesantren di Indonesia.

Prabowo berharap pesantren-pesantren dan lembaga pendidikan lainnya di Indonesia dapat ikut berpartisipasi dalam upaya ini.

Baca Juga: Deretan Negara Arab Ini Bisa Bikin Keok Israel jika Terjadi Perang

Hal ini disambut baik oleh berbagai pihak, termasuk Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid yang mengapresiasi sikap tegas Indonesia terhadap pelanggaran hukum internasional yang dilakukan Israel.

Menurut Meutya, ketegasan ini menunjukkan komitmen Indonesia dalam memperjuangkan hak-hak warga sipil di Gaza yang menjadi korban konflik berkepanjangan, dilansir dari antaranews.com.

Di sisi lain, TNI telah menyiapkan tiga unit pesawat untuk mengangkut warga Palestina yang terluka akibat perang untuk dirawat di Indonesia. Pesawat yang disiapkan termasuk Boeing-737 400/500 serta Hercules C-130 tipe J dan Tipe H. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editot: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga