Begini Cara Pemkab Buton Tengah Antisipasi Bullying di Lingkup Sekolah

Mutarfin, telisik indonesia
Jumat, 22 Oktober 2021
0 dilihat
Begini Cara Pemkab Buton Tengah Antisipasi Bullying di Lingkup Sekolah
Ilustrasi tindakan bullying terhadap anak. Foto: Repro Kompas.com

" Maraknya terjadi tindakan bullying manambah catatan kelam bagi wajah pendidikan. Sehingga upaya pencegahan terus harus dilakukan. "

BUTON TENGAH, TELISIK. ID -  Maraknya terjadi tindakan bullying manambah catatan kelam bagi wajah pendidikan. Sehingga upaya pencegahan terus harus dilakukan.

Kadis Pendidikan Buton Tengah (Buteng), Abdullah menjelaskan, upaya pencegahan terjadinya tindakan bulliying di lingkungan sekolah ini memang perlu diantisipasi.

Tentunya, kata dia, dengan mengadakan upaya sosialisasi dan pembinaan.

"Pada intinya tindakan bullying ini merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja dan biasa korbannya mengalami trauma," katanya, Jumat (22/10/2021).

Ia menambahkan, untuk kegiatan pencegahan ini sudah dilakukan dan merupakan salah satu program dari Sekolah Penggerak.

Baca juga: Gempa Bumi Guncang Butur, Ini Imbauan BMKG

Baca juga: Ngabalin Siap Fasilitasi Usulan Program Pembangunan di Muna

"Bentuk pelatihan serta pembinaan itu lebih ditekankan ke guru sebagai pengontrol dan membentuk karakter siswa," tambahnya.

Sebenarnya, ia menjelaskan, tindakan bullying ini sering terjadi di kota-kota besar, sedang untuk wilayah Buton Tengah belum ada laporan atas adanya kasus tersebut.

Kendati demikian, lanjut dia, apabila didapatkan tindakan tersebut dalam lingkungan sekolah, maka ada sanksi-sanksi khusus serta upaya pembinaan pada pelaku bullying.

"Sebab hal ini kan tidak seharusnya terjadi di lingkungan sekolah. Karena sekolah adalah tempat paling nyaman dan menimba ilmu," pungkasnya. (C-Adv)

Reporter: Mutarfin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga