BKKBN Sultra Gelar Orientasi Kartu Kembang Anak di Butur untuk Perangi Stunting

Riksan Jaya, telisik indonesia
Selasa, 14 Mei 2024
0 dilihat
BKKBN Sultra Gelar Orientasi Kartu Kembang Anak di Butur untuk Perangi Stunting
BKKBN Sultra menggelar kegiatan Orientasi KKA bagi Kelompok BKB di Kabupaten Buton Utara. Foto: ist

" Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan Orientasi Kartu Kembang Anak (KKA) bagi Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) di Kabupaten Buton Utara "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan Orientasi Kartu Kembang Anak (KKA) bagi Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) di Kabupaten Buton Utara.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin (13/5/2024), di salah satu hotel di Buton Utara.

Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Dinas Dalduk dan KB Kabupaten Buton Utara, Rusli beserta Tim Kerja Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Stunting Perwakilan BKKBN Sultra.

Sebanyak 60 peserta yang terdiri dari kader BKB dan Keluarga Baduta dari berbagai kecamatan di Buton Utara turut hadir dalam kegiatan ini.

Baca Juga: BKKBN Gelar Orientasi Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting di Buton Tengah

Dalam sambutannya, Rusli memaparkan permasalahan stunting yang dihadapi di Sulawesi Tenggara. Berdasarkan data Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, prevalensi stunting di Sultra mencapai 30 persen, naik 2,3 persen dari tahun 2022. Di Kabupaten Buton Utara sendiri, angka prevalensi stunting mencapai 33,9 persen di tahun 2023, naik 2,3 persen dari tahun 2022.

Rusli meyakini bahwa permasalahan stunting dapat diatasi dengan menjalankan program Bangga Kencana secara sukses, karena program ini fokus pada keluarga.

"Sasaran program Bangga Kencana ini mencakup seluruh siklus kehidupan manusia, dari anak-anak hingga generasi selanjutnya. Oleh karena itu, saya yakin permasalahan stunting di Buton Utara dapat terselesaikan jika setiap keluarga menerapkan delapan fungsi keluarga dalam kehidupan sehari-hari," jelas Rusli.

Lebih lanjut, Rusli memberikan semangat dan motivasi kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan orientasi dengan aktif dan maksimal. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta dapat menjadi fasilitator yang handal dalam penggunaan KKA di kelompok BKB.

Baca Juga: Kepala BKKBN Sulawesi Tenggara Hadiri Pelaksanaan Dapur Sehat Atasi Stunting di Buton Selatan

Pemahaman dan aplikasi KKA yang tepat diharapkan dapat membantu keluarga yang memiliki balita dalam memberikan pengasuhan yang optimal bagi anak-anaknya, sehingga dapat berkontribusi dalam pencegahan stunting di Kabupaten Buton Utara.

Selama kegiatan orientasi, para peserta akan mendapatkan berbagai materi dari tim fasilitator provinsi dan kabupaten.

Selain itu, mereka juga akan mendapatkan pemahaman tentang pentingnya BKB EMAS dalam mendukung pencapaian target penanganan stunting di Kabupaten Buton Utara, yaitu 14 persen pada tahun 2024.

Diharapkan dengan kegiatan orientasi ini, BKKBN Sultra dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kader BKB dalam penggunaan KKA, sehingga dapat berkontribusi dalam pencegahan stunting dan mewujudkan generasi Indonesia yang sehat dan berkualitas. (C-Adv)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga