BNNP Sultra Sosialisasi Bahaya Narkoba ASN Dishub Sultra

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 07 Desember 2021
0 dilihat
BNNP Sultra Sosialisasi Bahaya Narkoba ASN Dishub Sultra
Tes urine yang dilakukan pada pegawai Dishub. Foto: Ist.

" BNNP Sulawesi Tenggara bersama dengan KesbangPol Provinsi Sultra kembali mengadakan kegiatan Sosialisasi Implementasi Inpres Nomor 2 tahun 2020 bagi ASN Dishub Sultra "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama dengan KesbangPol Provinsi Sultra kembali mengadakan kegiatan Sosialisasi Implementasi Inpres Nomor 2 tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) P4GN dan PN Tahun 202-2024 Serta Deteksi Dini Penyalahguna Narkoba bagi ASN.

Kegiatan ini di hadiri oleh 38 peserta yang merupakan pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Sultra.

Kepala Bidang Angkutan Jalan di Dinas Perhubungan Provinsi Sultra, David Sidupa mengatakan bahwa selama ini mereka hanya mengetahui apa itu narkoba tetapi secara spesifik tentang narkoba mereka tidak mengetahuinya.

"Terima kasih dengan diadakannya kegiatan ini sehingga lebih menambah wawasan dan pengetahuan para peserta, terutama dirinya sendiri," ungkapnya, Selasa (7/12/2021).

Baca Juga: Pemprov Sultra Anggarkan Rp 20 Miliar Perbaikan Jalan Rusak di Buton Utara

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Hamdani Piabang, selaku Narasumber dari KesbangPol.

Dalam pemaparannya, dia menyampaikan materi tentang Permendagri Nomor 12 Tahun 2019, Perda Nomor 7 Tahun 2019, Inpres Nomor 2 Tahun 2020 dan SK Gubernur Nomor 302 Tahun 2019 tentang Pembentukan Tim Terpadu P4GN dan Prekursor Narkotika di Wilayah Provinsi Sultra.

Materi kedua tentang peran serta Pemerintah Daerah dalam Fasilitas Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika dijelaskan oleh Mindrayanti.

Mindrayanti mengungkapkan, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membentuk Relawan Anti Narkoba yang kemudian dapat memberikan sosialisasi mengenai P4GN di lingkungan sekitar mereka.

Baca Juga: BNNP Sultra Sosialisasi Bahaya Narkoba ASN Dukcapil Sultra

Setelah penyampaian materi kegiatan, dilanjutkan dengan sesi diskusi. Pada sesi ini diharapkan agar jika ada para peserta yang tidak mengerti dapat bertanya dan saling bertukar pengetahuan.

"Kegiatan ini bertujuan menciptakan lingkungan kerja yang bebas dan bersih dari narkoba serta mendorong OPD mengedukasi masyarakat tentang pencegahan narkoba," tutur Sub Kordinator Pencegahan BNNP Sultra, Mindrayatin.

Kegiatan diakhiri dengan melakukan Screening Test (Tes Urine Narkoba) yang diikuti oleh 20 orang peserta kegiatan. Dengan berakhirnya kegiatan diharapkan agar para peserta tidak hanya tahu tentang materi, namun bisa juga disampaikan kepada para kerabat terdekatnya. (A-Adv)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga