Bombardir Palestina, Israel Niat Kuasai Terusan Suez?

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 12 November 2023
0 dilihat
Bombardir Palestina, Israel Niat Kuasai Terusan Suez?
Nama terusan Suez di Mesir mendadak jadi perbincangan setelah muncul spekulasi Israel sengaja memborbardir Gaza, karena memiliki kepentingan tersembunyi untuk mewujudkan proyek besar pembangunan Kanal Ben Gurion. Foto: Kompas.com

" Nama Terusan Suez di Mesir mendadak jadi perbincangan, setelah muncul spekulasi Israel sengaja memborbardir Gaza karena memiliki kepentingan tersembunyi untuk mewujudkan proyek besar pembangunan Kanal Ben Gurion "

TEL AVIV, TELISIK.ID - Nama Terusan Suez di Mesir mendadak jadi perbincangan, setelah muncul spekulasi Israel sengaja memborbardir Gaza karena memiliki kepentingan tersembunyi untuk mewujudkan proyek besar pembangunan Kanal Ben Gurion.

Proyek Kanal Ben Gurion adalah proyek kanal yang diusulkan melalui Israel yang akan menghubungkan Teluk Aqaba ke Laut Mediterania. Terusan ini akan menyaingi Terusan Suez yang melintasi Mesir dan telah mengalami banyak gangguan dalam sejarahnya, seperti penyumbatan Israel melalui Terusan Suez dan Selat Tiran. Penutupan Terusan Suez (1956–1957), Penutupan Suez Terusan (1967–1975), dan penyumbatan Terusan Suez 2021 seperti dikutip dari Wikipedia.com.

Panjangnya hampir sepertiga lebih panjang dari Terusan Suez sepanjang 120,1 mi (193,3 km), yaitu sekitar 182 mi (292,9 km). Kanal baru ini digadang-gadang lebih strategis ketimbang Terusan Suez. Jalurnya bakal dibuat lebih luas dan lebih efisien ketimbang Terusan Suez dan langsung menghubungkan Teluk Aqaba di Laut Merah ke Laut Mediterania.

Baca Juga: Uang Mahar Wanita Cantik Palestina Tak Masuk Akal, Hancurkan Impian Pria Menikah

Poin pentingnya adalah dikuasai sendiri oleh Israel. Lain halnya dengan Terusan Suez yang kini dikuasai Mesir. Berbicara tentang Terusan Suez, perairan ini merupakan jalan pintas penghubung Laut Tengah dan Laut Merah. Lantaran posisinya yang sangat strategis, terusan ini memegang peranan penting dalam perdagangan maritim internasional.

Mengutip Cnnindonesia.com, proyek Ben Gurion akan menghubungkan Teluk Aqaba di Laut Merah ke Laut Mediterania. Jalur Gaza berada di dekat Laut Mediterania. Sementara itu, jalur proyek Ben Gurion dari Laut Merah harus berbelok terlebih dahulu untuk bisa ke Mediterania.

Penulis sekaligus aktivis yang fokus di isu politik global dan Timur Tengah Yvonne Ridley menilai keterkaitan perang 7 Oktober dengan proyek ini hanya kebetulan.

Baca Juga: Mudahkan Turis Mendaki, China Bangun Eskalator di Gunung

"Apa hubungannya dengan 7 Oktober 2023? Ya, kebetulan saja Gaza berada di tengah-tengah usulan jalur kanal besar kedua di wilayah tersebut," kata Ridley.

Jalur yang berbelok itu merupakan tanah berpasir dan perlu perawatan dengan biaya tinggi jika proyek betul-betul jadi. Israel disebut-sebut akan membom Gaza untuk melancarkan rencananya.

Pakar politik Palestina Sami Al Aryan menilai kanal Ben Gurion merupakan rencana Israel untuk meningkatkan pengaruhnya terhadap poros perdagangan-energi dunia. Ini secara langsung berdampak ke jalur transportasi energi dan perdagangan Basra-Eropa yang berpusat di Turki. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga