Bosan Model Bulat? Yuk, Cobain Nastar Kekinian dengan Beragam Bentuk

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 28 April 2022
0 dilihat
Bosan Model Bulat? Yuk, Cobain Nastar Kekinian dengan Beragam Bentuk
Nastar bentuk cengkeh. Foto:Repro Instagram @revinacakenbakery

" Nastar umumnya berbentuk bulat, yang dilengkapi dengan isian nanas di dalamnya. Namun, bentuk nastar tak selalu bulat, kamu bisa kreasikan dengan beragam bentuk sehingga semakin menarik "

KENDARI, TELISIK.ID - Nastar umumnya berbentuk bulat, yang dilengkapi dengan isian nanas di dalamnya. Namun, bentuk nastar tak selalu bulat, kamu bisa kreasikan dengan beragam bentuk sehingga semakin menarik.

Dikutip dari Idntimes.com, bentuk kue nastar yang bisa kamu coba agar tamu yang datang semakin tertarik menikmatinya antara lain:

1. Nastar bentuk ketupat

Nastar bentuk ketupat. Foto:Repro Instagram @spikoepremium_nyhartono

 

Tidak lengkap rasanya jika tidak ada ketupat. Tapi ketupat satu ini bukanlah daun kelapa yang diisi beras melainkan kue nastar yang dibentuk seperti ketupat. Anak-anak kecil pasti akan berebutan jika kamu sajikan di rumah.

2. Nastar berbentuk landak

Nastar bentuk landak. Foto:Repro Instagram @meily_chin

 

Hanya perlu membentuk lonjong dan menggunting-gunting sedikit bagian atasnya, maka akan terbentuklah seperti hewan landak yang siap untuk dilahap. Tambahkan saja biji selasih agar terbentuk mata imut si landak.

3. Nastar berbentuk jambu

Nastar bentuk jambu. Foto:Repro Instagram @yuki_yumi_2526

 

Nastar yang satu ini pun sangatlah unik. Kamu bisa langsung melahapnya karena bentuknya sangatlah unik seperti jambu. Oles saja dengan kuning telur dan sedikit butter agar semakin mulus terlihat layaknya kulit buah jambu.

4. Nastar berbentuk cengkeh

Nastar bentuk cengkeh. Foto:Repro Instagram @revinacakenbakery

Masih mirip seperti buah jambu, hanya saja nastar satu ini berbentuk seperti buah cengkeh. Penampilannya yang bulat besar akan semakin banyak menampung nanas di dalam nastarnya.

5. Nastar berbentuk daun

Nastar bentuk daun. Foto:Repro Instagram @ayomasakayomakan

 

Dari hasilnya yang sangatlah unik, memang tidak mudah membuat nastar satu ini. Kamu membutuhkan alat bantu penjepit untuk membentuk urat-urat daunnya sebelum dimasukkan ke dalam oven. Tambahkan pewarna hijau untuk hasil nastar yang lebih semakin mirip dengan daun.

Baca Juga: Resep Kue Kering Lebaran Tanpa Oven, Hemat Biaya hanya 3 Bahan

Selain berbentuk hewan dan buah, kamu juga bisa melakukan kreatifitas dengan bentuk yang lain. Dilansir dari detikfood.com, kamu bisa mencoba nastar berbentuk unik lainnya, antara lain:

6. Nastar berbentuk burger

Nastar bentuk burger. Foto:Repro Instagram @jelita_cakes

 

Kue nastar dan burger merupakan dua jenis makanan yang berbeda. Nastar memiliki cita rasa yang manis segar, sementara burger dengan cita rasa yang gurih. Lantas bagaimana jika keduanya dipadukan menjadi satu?

Bukan mencampurkan rasanya, melainkan membuat kue nastar yang dibentuk menyerupai burger. Cara membuatnya juga masih sama seperti membuat nastar pada umumnya. Yang membedakan hanya isiannya saja.

Jika nastar biasanya hanya menggunakan selai nanas, maka nastar burger ditambahkan dengan selai apel dan selai blueberry. Untuk membentuknya juga berbeda, nastar yang sudah dibentuk bulat kemudian disobek di bagian tengah.

Pada sobekan itulah kamu bisa memberi selai, sehingga terlihat seperti roti bun yang mengapit patty dan sayuran. Kamu juga bisa menambahkan biji wijen pada bagian atas kue nastarnya.

7. Nastar Matcha

Nastar matcha. Foto:Repro Instagram @croyaki.indonesia

 

Nastar matcha memiliki rasa yang lebih ringan. Meski begitu, paduan matcha tersebut sama sekali tidak menghilangkan ciri khas nastar dengan selai nanas yang legit dan asam segar. Cara membuat nastar matcha juga tak jauh berbeda dari nastar pada umumnya.

Perbedaannya hanya pada tambahan bahan berupa bubuk matcha atau green tea. Jika adonan sudah berwarna hijau, baru kemudian dibentuk bulat-bulat dan dipanggang hingga matang.

8. Nastar kurma

Nastar bentuk kurma. Foto:Repro Instagram @greatofgesty

 

Buah kurma identik dengan bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Nah, memadukan buah kurma jadi isian nastar juga bisa menjadi ide yang baik. Namun, tetap juga tidak menghilangkan ciri khas nastar.

Baca Juga: Resep Nastar Lembut dan Lumer, Kue Kering Khas Lebaran

Isian berupa selai nanas tidak dihilangkan, hanya saja ditambah dengan buah kurma. Kreasi nastar kekinian yang satu ini pernah dibuat oleh Chef Yongki Gunawan.

Pada racikannya, Chef Yongki Gunawan juga menambahkan cengkeh. Menurut Chef Yongki, bukan hanya kurma saja yang bisa dijadikan isian nastar. Buah durian yang lembut dan creamy juga cocok.

9. Nastar Taiwan

Nastar Taiwan. Foto:Repro Instagram @tantiatiyaramaoliva

Ada beberapa perbedaan antara nastar di Indonesia dan di Taiwan. Mulai dari namanya hingga ukurannya. Di Taiwan, kue nastar lebih dikenal dengan sebutan pineapple cake.

Karena pada dasarnya kue nastar bukan termasuk kue kering. Selain itu, nastar di Taiwan memiliki ukuran yang lebih besar dari pada nastar di Indonesia. (C)

Reporter: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga