adplus-dvertising

Resep Nastar Lembut dan Lumer, Kue Kering Khas Lebaran

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 27 April 2022
857 dilihat
Resep Nastar Lembut dan Lumer, Kue Kering Khas Lebaran
Nastar lembut dan lumer. Foto: Repro Instagram @ayomasakayomakan.

" Kue ini bagian luarnya renyah manis dengan isian selai yang asam manis "

KENDARI, TELISIK.ID - Nastar adalah salah satu kue kering sajian khas Idul Fitri. Bagaimana tidak, kue kering ini merupakan kue yang sering disajikan di Hari Raya Idul Fitri.

Dikutip dari food.detik.com, nastar dikenal dengan sebutan 'ananas taartjes' atau 'pineapple taart', karena kue kering yang diadaptasi dari Belanda ini merupakan pie mini. Karenanya adonan tak perlu dikocok atau diaduk kuat-kuat.

Kue ini bagian luarnya renyah manis dengan isian selai yang asam manis. Variasi bentuk dan paduan adonannya sangat beragam. Ada yang digulung, dibentuk keranjang, daun, nanas atau ketupat.


Adapun resep nastar yang lembut antara lain:

Bahan :

Adonan kue terdiri dari :

150 g mentega

100 g margarin

20 g susu bubuk fullcream

2 butir kuning telur ayam

80 g gula bubuk, saring.

Ayak jadi satu:

300 g tepung terigu protein rendah

50 g tepung maizena

Isian terdiri dari selai nanas atau sesuai selera.

Olesan, kocok jadi satu:

1 butir kuning telur ayam

1 tetes pewarna kue kuning

1 sdm susu cair

Cara Membuat:

Isian: selai nanas bisa disiapkan dengan resep Ini. Bentuk selai menjadi bulatan-bulatan kecil. Sisihkan.

1. Biarkan mentega beberapa saat dalam suhu ruangan hingga agak lunak. Taruh dalam wadah, tambahkan margarin dan gula bubuk.

2. Kocok dengan mikser kecepatan rendah hingga menyatu. Masukkan kuning telur satu per satu sambil aduk hingga rata.

3. Tambahkan campuran terigu  secara bertahap sambil aduk rata hingga menjadi adonan yang kalis. Jika adonan terasa agak lembek, simpan dalam kulkas beberapa saat.

4. Bentuk adonan menjadi bola-bola lalu pipihkan. Isi dengan bola-bola selai nanas (sesuai selera ) lalu bulatkan kembali. Susun di atas loyang datar lalu panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 150 C. Setelah 10 menit keluarkan dari oven, diamkan hingga agak hangat.

5. Olesi permukaannya dengan bahan Olesan, memakai kuas kecil hingga rata. Panggang kembali selama 20 menit hingga matang merata. Lalu angkat dan dinginkan. Kemas dalam wadah kedap udara.

Baca Juga: Manfaatkan Momen Ramadan, Ibu Rumah Tangga Jualan Takjil

Selain memperhatikan bahan dan proses pembuatan, juga hal yang perlu diperhatikan adalah beberapa tips-tips berikut.

Dikutip dari Suara.com jaringan Telisik.Id, Berikut tips agar kue yang dihasilkan mulus tanpa retak.

1. Gunakan spatula anti lengket. Hindari mengaduk adonan nastar menggunakan tangan secara langsung, karena hal ini dapat membuat margarin mencair, sehingga adonan nantinya menjadi lebih rapuh dan mudah retak.

2. Hindari membuat adonan terlalu lembek. Takaran tepung dan mentega yang digunakan harus benar-benar tepat, supaya nastar tidak melebar atau pecah ketika di oven. Tahapan ini memang terkadang memerlukan beberapa kali percobaan untuk mendapat perbandingan terbaik.

3. Pemilihan selai. Salah satu penyebab permukaan nastar pecah adalah selai yang keluar dari adonan. Jadi, sebaiknya pilih selai yang bertekstur padat, kering dan kesat.

Anda juga dapat membuat selai sendiri dengan cara memarut nanas lalu masak dalam kuali hingga airnya keluar, lalu masak kembali hingga benar-benar kering. Tambahkan gula dan aduk hingga berubah warna menjadi lebih tua.

Baca Juga: Jatuh Bangun Bakso Rahayu Kendari

Apabila warna selai masih terlalu muda, sangrai kembali di teflon hingga kadar airnya benar-benar berkurang.

4. Beri jarak saat di oven. Penataan nastar pada loyang juga perlu diperhatikan. Sebelum digunakan, pastikan loyang diolesi mentega atau tepung terigu supaya tidak lengket. Selain itu, usahakan memberi jarak pada setiap nastar, supaya saat nastar mengembang tidak menempel satu sama lain dan retak saat dipisahkan.

5. Suhu yang tepat.  Nastar tidak perlu dioven pada suhu yang terlalu tinggi, cukup dalam suhu oven 160-175 derajat celcius selama dua puluh menit.

Perlu diingat juga bahwa suhu terlalu tinggi dapat menyebabkan nastar retak sampai gosong, namun jika suhu terlalu rendah, nastar akan susah matang.

Itu dia tips-tips membuat nastar yang lembut dan lumer,  selamat mencoba. (C)

Reporter: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga