Bukan Voice Note, Ini 5 Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Mengetik

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Jumat, 15 Juli 2022
0 dilihat
Bukan Voice Note, Ini 5 Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Mengetik
Dengan menggunakan Google Assistant, pengguna bisa memanggil asisten virtual dengan berbicara "Hey, Google" yang diikuti dengan menyebut nama kontak WhatsApp yang diinginkan serta isi pesan yang akan dikirim. Foto: Repro Liputan6.com

" Ada kalanya saat seseorang berada di suatu situasi yang membuatnya sulit untuk mengirim pesan dengan cara mengetik. Namun ada cara untuk mengirimkan pesan tanpa harus mengetik "

KENDARI, TELISIK.ID - Ada kalanya saat seseorang berada di suatu situasi yang membuatnya sulit untuk mengirim pesan dengan cara mengetik. Namun ada cara untuk mengirimkan pesan tanpa harus mengetik.

Ini bukan dengan voice note tapi menggunakan smart assistant. Bagi pengguna Hp Android maka bisa dengan Google Assistant sedangkan, pengguna iPhone dapat menggunakan Siri.

Mengutip dari Kompas.com, pengguna hanya perlu memanggil asisten virtual dengan berbicara "Hey, Google" yang diikuti dengan menyebut nama kontak WhatsApp yang diinginkan serta isi pesan yang akan dikirim.

Trik yang satu ini cukup berguna di saat-saat tertentu, misalnya ketika tangan sedang dalam basah sehingga sulit untuk mengoperasikan layar sentuh.

Nah, untuk mengetahui cara mengirimkan pesan WhatsApp tanpa mengetik, berikut ini adalah langkah-langkahnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BGR, Jumat (14/7/2022).

Cara mengaktifkan Google Assistant:

* Buka aplikasi Google.

* Klik "Profil" di pojok kanan atas aplikasi.

* Tekan menu "Settings" > "Google Assistant".

Setelah personalisasi Google Assistant dan WhatsApp sudah ter-update, berikut cara mengirim pesan di WhatsApp tanpa perlu mengetik, dikutip dari Suara.com - jaringan Telisik.id.

1. Masuk ke Google Assistant, lalu kirim perintah "OK Google" atau "Hey Google". Aplikasi akan memberikan jawaban "Halo ada yang bisa saya bantu?" atau "How Can I Help".

2. Setelah ditanya oleh Google Assistant, Anda perlu memberikan pesan suara "Send a WhatsApp message to…" .

Baca Juga: 8 Ciri Drama Queen, Kamu Termasuk?

Fitur dari Google tersebut akan menjawab dengan suara berbahasa Inggris atau Indonesia, tergantung pengaturan pada Google Assistant sebelumnya. Anda perlu memberikan perintah dengan suara yang jelas dan jernih agar Google Assistant dapat merespons dengan benar.

3. Ketika langkah kedua diberikan, Google Assistant akan memberikan pertanyaan "Who do you want to message". Kalian perlu menyebutkan nama kontak WhatsApp yang ingin dikirimi pesan.

Baca Juga: Tengah Naik Daun, 3 Pelajaran Hidup Drakor Ekstraordinary Attorney Woo

4. Jika langkah Anda mendapat respons, maka Google Assistant bakal melempar pertanyaan "OK, What's The Message" atau "OK, apa isi pesannya?". Anda hanya perlu memberikan isi pesan melalui perintah suara di mana Google Assistant akan menerjemahkan secara otomatis ke dalam pesan teks.

5. Setelah itu, maka asisten virtual bakal menanyakan kembali apakah Anda ingin mengirim pesan, membatalkan, atau mengubahnya. Jika isi pesan sudah sesuai, maka Anda bisa menjawab "Yes" ketika muncul pertanyaan "Ready to send it?". (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Musdar

Baca Juga