8 Ciri Drama Queen, Kamu Termasuk?

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 15 Juli 2022
0 dilihat
8 Ciri Drama Queen, Kamu Termasuk?
Seseorang yang memiliki ciri drama queen cenderung ingin menjadi pusat perhatian. Foto: Repro jeda.id

" Pernah dengar istilah drama queen? Istilah drama queen atau ratu drama biasanya ditujukan pada seseorang yang punya kepribadian tukang cari masalah atau sering cari ribut "

KENDARI, TELISIK.ID - Pernah dengar istilah drama queen? Istilah drama queen atau ratu drama biasanya ditujukan pada seseorang yang punya kepribadian tukang cari masalah atau sering cari ribut. Drama queen biasanya sering bereaksi berlebihan terhadap suatu permasalahan, sehingga tak jarang masalah simpel jadi rumit dibuatnya.

Mengutip dalam Psychology Today, ratu drama atau drama queen adalah istilah yang menggambarkan tipe orang yang kehidupannya selalu terlibat dalam drama, berlaku untuk pria maupun wanita. Para drama queen mengalami hidup seakan rollercoaster.

Dilansir dari kompas.com, peran biologis ternyata mempengaruhi seberapa intens perasaan kita. Seorang profesor psikolog dan psikiater dari Universitas Emory di Amerika Serikat mengatakan, bisa jadi jenis kepribadian drama queen diakibatkan oleh peran biologis. Peran biologis yang dimaksud adalah faktor genetik dan lingkungan keluarga.

Mungkinkah orang tua yang lalai, bisa “melahirkan” seorang anak yang drama queen? Menurut seorang ahli psikolog, ada bukti bahwa orang tua yang terlalu memikirkan perasaannya sendiri, akan membuat sang anak menjadi selalu ingin cari perhatian.

Hal ini bisa membuat sang anak berulah demi mendapatkan yang ia inginkan. Sehingga “benih” drama queen pun tertanam dalam diri.

Berikut tanda seseorang yang sedang drama queen seperti dilansir dari yoursay.id, antara lain:

1. Terlalu baper

Ciri pertama dari seorang ratu drama, adalah terlalu baper. Apa pun selalu dibawa sampai ke hati dan dipikirkan terus-menerus. Padahal, sering kali yang terjadi hal itu hanyalah kamu yang over thinking.

2. Sangat reaktif terhadap berbagai persoalan

Tanda selanjutnya dari ratu drama, adalah sangat reaktif. Berbagai persoalan kecil sudah bisa bikin kamu panik, dan gak jarang hal ini sebenarnya cuma membesar-besarkan masalah.

3. Suka cari perhatian

Dikutip dari kompas.com, selalu ingin jadi pusat perhatian adalah karakteristik drama queen yang utama. Tidak peduli bagaimana caranya, yang penting adalah pusat perhatian tertuju pada Anda.

4. Terlalu pemilih

Pemilih atau picky adalah ciri-ciri drama queen selanjutnya. Contoh kecilnya saat sedang ke restoran, ketika makanan yang sampai di meja tidak sesuai dengan ekspektasi.

Drama queen ingin semuanya sempurna dan setiap orang yang menghadapi drama queen cenderung harus mendengarkan celotehannya.

5. Suka mengkritik

Mengkritik orang lain adalah hobi drama queen selanjutnya. Mengkritik orang lain membuat drama queen merasa hebat dan lebih kuat dibandingkan orang lain.

Baca Juga: 6 Manfaat Bercinta di Musim Hujan, Pasutri Perlu Tahu

6. Suka bergosip

Gosip dan perilaku drama queen biasanya satu paket. Ratu drama biasanya magnet masalah. Hal ini selain disebabkan sikapmu yang suka berlebihan, tapi juga diakibatkan kesenanganmu dalam bergunjing atau membicarakan aib orang lain.

7. Susah bahagia

Ciri selanjutnya dari seorang ratu drama, adalah susah bahagia. Apa pun selalu tidak lepas dari kritikan. Perilaku inilah yang kerap bikin orang-orang di sekitarnya jadi panas karena di matanya gak pernah benar.

8. Suka mengelak

Dikutip dari orami.id, drama queen tidak pernah melihat diri mereka sebagai bagian dari masalah. Selalu ada orang lain atau sesuatu yang harus disalahkan. Keluh kesahnya pada kehidupan, teman, sekitar, dan hal tidak penting lainnya terus bergulir.

Baca Juga: Tengah Naik Daun, 3 Pelajaran Hidup Drakor Ekstraordinary Attorney Woo

Jika mereka menyalahkan diri-sendiri dan memainkan peran sebagai korban, itu adalah cara untuk mendapatkan perhatian dan menghindari keterbukaan tentang perasaan atau keinginan mereka. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga