Bupati Butur Hadirkan Bantuan Bagi Petani dari Kementerian Pertanian RI

Aris, telisik indonesia
Minggu, 26 September 2021
0 dilihat
Bupati Butur Hadirkan Bantuan Bagi Petani dari Kementerian Pertanian RI
Alsintan yang diserahkan kepada kelompok tani. Foto: Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Buton Utara

" Sebanyak 30 Alsintan yang berasal dari Kementerian Pertanian RI itu, diserahkan Bupati Butur secara simbolis kepada 30 kelompok tani di halaman Sekretariat Daerah Butur. "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Bupati Buton Utara (Butur), Muhammad Ridwan Zakariah, serahkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada masyarakat kelompok tani Kabupaten Butur.

Sebanyak 30 Alsintan yang berasal dari Kementerian Pertanian RI itu, diserahkan Bupati Butur secara simbolis kepada 30 kelompok tani di halaman Sekretariat Daerah Butur, Minggu (26/9/2021).

Dalam sambutannya, Ridwan Zakariah mengatakan, begitu besar perhatian pemerintah Kabupaten Butur terhadap para petani.

"Bantuan ini berasal dari APBN, inipun saya dengan Pak wakil, sebelum jadi bupati kita sudah urus ini pak, ya, secara diam-diam," ucap Bupati Ridwan Zakariah.

 

Alat dan mesin pertanian yang diserahkan kepada kelompok tani di Buton Utara. Foto: Ist.

 

Ridwan Zakariah menyampaikan bantuan Alsintan tersebut merupakan buah dari kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah (Pemda) Butur dengan Kementerian Pertanian RI.

Selanjutnya, tambah Ridwan Zakariah, Pemkab Butur  juga ditawarkan resmiling dan pengering padi. Namun kekurangannya saat itu adalah informasi tentang luasan sawah, jumlah petani, dan jumlah produksi.

"Mudah-mudahan nanti tahun 2022 Insya Allah, mohon kadis Pertanian ikuti terus dengan baik, pertama itu luas sawah, lahan produktif kemudian potensi persawahan, kemudian juga jumlah petani, Gapoktan dan luasan kapasitas irigasi," ujarnya.

"Kalau perlu juga dengan kelompok P3Anya pak ya, Persatuan Petani Pemakai Air," sambung Ridwan.

Baca juga: Sasar Tempat Keramaian, Operasi Patuh Semeru Polrestabes Surabaya Bagi-Bagi Masker

Selain itu, pihaknya juga meminta untuk dihidupkannya Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

"Jangan hanya bilang ada Gapoktan tapi tidak ada aktivitas," ujarnya.

Ridwan Zakariah berpesan agar Alsintan yang telah diserahkan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Selanjutnya, Ridwan Zakariah mengatakan, kalau berbicara beras memang Butur belum bisa masuk kas jika dibandingkan dengan Kabupaten Konawe, Bombana, dan Konawe Selatan.

 

Bupati Butur, Dr. Drs. H. Muhammad Ridwan Zakariah, M.Si serahkan bantuan kepada ketua kelompok tani. Foto: Ist.

 

"Jauh kita ketinggalan, potensi sawah kita hanya 5000 hektar, katanya yang berproduksi hanya 1800 hektar. Itu hanya perkiraan kalaupun yang tercetak sudah sampai 2200 hektar yang tercetak sawahnya," ujar Ridwan Zakariah.

Kata Ridwan, masalahnya adalah irigasi yang sampai hari ini tidak ada kepastian seperti apa fungsi irigasi di Butur.

Kendati demikian, ia bersyukur dengan berkunjungnya Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat air bersama Wakil Bupati Butur di Lambale, irigasi dapat berfungsi sesegera mungkin sehingga petani bisa memanfaatkan irigasi tersebut.

Olehnya itu, Ridwan Zakariah menegaskan untuk membuat kelompok P3A atau Persatuan Petani Pemakai Air sehingga beban pemerintah menjadi ringan untuk mengatasi masalah air.

Baca juga: Pensiun Dini, Mantan Sekwan Mubar Banting Stir Buka Usaha Rumah Makan

"Jadi tugas pemerintah tinggal saluran primer dan saluran sekunder," tambah Ridwan Zakariah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Butur, Ir. Yusuf berharap bantuan Alsintan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para petani sehingga dalam bertani lebih efisien lagi.

"Lebih mendorong kreativitas petani untuk meningkatkan produktivitas padi dalam memenuhi kebutuhan pangan Kabupaten Butur yang saat ini masih kekurangan sekitar 4000 ton pertahun," kata Yusuf.

Selain itu, Yusuf menambahkan, pihaknya patut salut atas perhatian dan upaya-upaya nyata Bupati Butur dalam memberi perhatian terhadap pertanian dan petani di Kabupaten Butur, sehingga dapat menghadirkan bantuan dari Kementerian Pertanian RI tahun anggaran 2021.

"Hal ini berkat relasi dan hubungan baik beliau (Ridwan Zakariah, red) yang telah terbangun dengan banyak pihak, bahkan jauh hari sebelum beliau menjadi Bupati Butur," ujarnya.

Turut hadir dalam penyerahan Alsintan tersebut, Wakil Bupati Butur, Kompol (Purn) Ahali, S.H., M.H dan Sekretaris Daerah Butur, Muhammad Hardhy Muslim, S.H., M.Si.

Untuk diketahui, kelompok tani penerima Alsintan yaitu, Garuda Tani, Sri Mulya, Sinar Harapan, Sari Nadi, Sumber Harapan, Rano Jaya, Pesalu, Betau 2, Mongkolisi Jaya, One Jaya, Rantegola Mandiri, Wangkariri, Buramai, Wacubalu.

Selanjutnya Coro Oci, Cina Taki, Karede Jaya 2, Melati 2, Tani Kotebu, Wana Sari, Rukun Tani, Anugrah, Warende, Lobu Jaya, Lasiri Banda, Mosiraha, Makmur Tani, Lasiwa Baru, Eebangka, Manunggal, dan Tani Manunggal. (B-Adv)

Reporter: Aris

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga