Bupati Kolut Raih Penghargaan Dwija Praja Nugraha Atas Dedikasinya di Dunia Pendidikan

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 26 November 2021
0 dilihat
Bupati Kolut Raih Penghargaan Dwija Praja Nugraha Atas Dedikasinya di Dunia Pendidikan
Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH (tengah) saat menyampaikan sambutan. Foto: Diskominfo Kolut

" Bupati Kolaka Utara (Kolut) Drs. H. Nur Rahman Umar, MH didaulat menerima penghargaan Dwija Praja Nugraha "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Bupati Kolaka Utara (Kolut) Drs. H. Nur Rahman Umar, MH didaulat menerima penghargaan Dwija Praja Nugraha.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kolut, H. Abbas, SE saat menghadiri upacara Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-5 tahun 2021 yang dihelat di Lapangan Sepak Bola, Kelurahan Mala-Mala, Kecamatan Kodeoha, pada Rabu (24/11/2021) kemarin.

"Beberapa waktu lalu, Ketua Tim Verifikasi Anugerah Dwija Praja Nugraha dari Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia mengunjungi kami untuk menyampaikan surat panggilan menerima penghargaan tersebut," kata Wabup.

Penghargaan Dwija Praja Nugraha, lanjut dia, merupakan penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah gubernur, bupati/wali kota yang berdedikasi, serta memiliki perhatian dan komitmen yang tinggi terhadap peningkatan mutu pendidikan di wilayahnya.

Meski demikian, tambah dia, penghargaan atau anugerah itu bukanlah tujuan utama.

"Selaku pemerintah, kami wajib berkomitmen dan bekerja keras untuk memajukan daerah yang kita cintai ini, karena itu adalah amanah yang diberikan oleh Allah SWT dan amanah dari segenap rakyat Kolaka Utara," jelasnya.

Baca Juga: Ketua DPC PPP Akui Warga Kolut Nikmati Hasil Program Revitalisasi Kakao

Kata dia, penganugerahan Dwija Praja Nugraha akan dilakukan pada acara puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ke-76 yang akan dilaksanakan pada 27 November 2021.

"Penyerahan penghargaan akan dihadiri oleh Bapak Presiden Republik Indonesia dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ketua umum PB PGRI," tukasnya.

Wakil Bupati Kolut, H. Abbas, SE saat membuka kegiatan Porseni PGRI ke-5 di Lapangan Sepak Bola, Kelurahan Mala-mala. Foto: Diskominfo Kolut

 

Tidak hanya itu, melalui momen Porseni, Wabup menyampaikan jika saat ini semua pihak terutama para tenaga pengajar di kesatuan pendidikan ditantang untuk melaksanakan pembelajaran secara kreatif melalui pembelajaran daring dan kunjungan ke rumah.

Meski tidak semua wilayah di Kolaka Utara ini bisa terjangkau oleh jaringan internet, tapi pihaknya percaya bahwa para guru telah berjuang melaksanakan tugasnya dengan baik.

"Semoga dedikasi tenaga pendidik untuk memajukan pendidikan di Kolaka Utara mendapat pahala dari Allah SWT dan kita semua senantiasa diberikan kesehatan agar bisa melaksanakan tugas-tugas kita dengan baik kedepannya," tuturnya.

Politisi PKB ini juga berharap, guru dan tenaga kependidikan sebagai ujung tombak dapat mendukung pelaksanaan kebijakan pemerintah yang sedang berjalan dan perlu dipahami bersama, bahwa program pemerintahan harus dilaksanakan secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

"Banyak program-program yang harus tetap kita lanjutkan dalam visi dan misi pemerintahan untuk menjadikan Kolaka Utara ini sebagai Kabupaten yang Madani di Sulawesi Tenggara. Artinya, bapak-bapak dan ibu-ibu adalah saudara-saudara dan dapat bersama-sama mendukung visi misi dan program pemerintah Kolaka Utara Madani yang sedang berjalan dan akan berjalan selanjutnya," pungkasnya.

Kadis Dikbud Kolut, H. Muh. Idrus, S.Sos.,M.Si bersama Wabup Kolut, H. Abbas, SE saat menghadiri acara Porseni PGRI ke-5. Foto: Diskominfo Kolut

 

Terkait kegiatan Porseni yang digelar hari ini, Ketua DPC PKB berpesan, agar para peserta menjunjung tinggi sportivitas karena guru dan tenaga kependidikan telah dibekali dengan kepribadian yang mulia.

Baca Juga: Dua Warga Kolut yang Terseret Air Bah di Sungai, Ditemukan Meninggal

"Jadikan semua cabang lomba, baik olahraga maupun seni sebagai ajang untuk memperkuat talisilaturrahim, berpikir kreatif, dan inovatif. Meski para guru berasal dari naungan Dikbud Kolut, Dikbud Provinsi, dan Kemenag tetapi para guru bersaudara dalam satu keluarga besar yaitu Persatuan Guru Republik Indonesia Kolaka Utara," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dikbud Kolut, H. Muh. Idrus, S.Sos.,M.Si mengungkapkan, porseni PGRI ke-5 yang digelar ini merupakan rangkaian kegiatan dari peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2021 dan HUT PGRI ke-76 yang juga digelar di tempat yang sama.

"Kegiatan ini untuk menyemarakkan  HUT PGRI ke-76. Dan akan berlangsung beberapa hari kedepan dengan berbagai cabang lomba, baik olahraga maupun seni," kata Ketua PGRI Kolut ini.

Meski digelar secara meriah, Kadis Dikbud tetap mengimbau peserta Porseni agar tetap mematuhi protokoler kesehatan.

Untuk diketahui, Porseni PGRI yang digelar hari ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh pengurus PGRI Kolut dan diikuti semua perwakilan PGRI yang tersebar di 15 kecamatan.

Tahun ini, Porseni PGRI mengusung tema "Bangkit Guruku, Bangkit Negeriku, Guru Menolak Menyerah karena Corona". (B)

Reporter: Muh. Risal H

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga