Dubes Temui Gubernur, Porang dan Sarang Walet Asal Jawa Timur Dibidik China

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Rabu, 16 Agustus 2023
0 dilihat
Dubes Temui Gubernur, Porang dan Sarang Walet Asal Jawa Timur Dibidik China
Duta Besar China untuk Indonesia HE. Mr. Lu Kang menemui Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa untuk membahas kerjasama eksport sarang walet dan porang ke RRT. Pasalnya, keberadaan dua komoditas tersebut menjadi favorit warga China. Foto: Ist.

" Republik Rakyat China berminat untuk menjalin kerjasama dengan Jawa Timur, untuk pengembangan sarang burung walet dan porang "

SURABAYA, TELISIK.ID - Republik Rakyat China berminat untuk menjalin kerjasama dengan Jawa Timur, untuk pengembangan sarang burung walet dan porang.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, porang dan sarang burung walet menjadi favorit masyarakat Tionghoa di Indonesia cukup besar produksinya dan besar potensinya masuk di pasar China.

"Jika ini mendapat akses lebih besar, maka itu akan membantu rakyat Jawa Timur," kata mantan Mensos ini, Rabu (16/8/2023).

Khofifah mengatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), investasi China di Jawa Timur pada periode 2010 hingga triwulan II 2023, tercatat sebanyak 23 bidang usaha di 8 kabupaten/kota di Jawa Timur dengan nilai investasi sebesar US$ 490,22 juta.

Baca Juga: Sering ke Jawa Timur, Dukungan Masyarakat Jember dan Lumajang untuk Anies Mengalir

"Secara detail, investasi bidang usaha terbesar China di Jawa Timur secara urut yaitu industri mineral non logam, industri makanan, industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatannya, serta perdagangan dan reparasi," Jelas ketum Muslimat NU itu.

Dengan adanya investasi China di Jawa Timur, sambung Khofifah, diharapkan dapat memberikan nilai tambah pada hilirisasi produk, sehingga bisa berdampak pada tumbuhnya perekonomian masyarakat lebih kuat.

Baca Juga: Baru Keluar Lapas, Komplotan Pelaku Curat Nekat Aksi Lagi di Jawa Timur

Sedangkan Duta Besar China untuk Indonesia,  HE. Mr. Lu Kang mengatakan, komitmennya untuk mendorong kerja sama yang lebih erat antara Jawa Timur dan China. Untuk itu, kata Lu Kang banyak hal konkret yang bisa dikaji lebih lanjut di sektor industri manufaktur dan pendidikan.

Ia memastikan Jawa Timur telah menjadi tujuan primadona investasi China dan peluang beasiswa untuk para pelajar Indonesia terbuka lebar di China.

"Terimakasih sambutan hangat dan ramah dari Ibu gubernur, tadi banyak hal konkret yang kami bahas. Meskipun ini pertama kalinya saya ke Jawa Timur, namun sudah terlihat bahwa provinsi ini adalah basis penting bagi industri Indonesia," jelasnya. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga