Cara Bersihkan RAM di HP Android dan iPhone Agar Tak Lemot

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Rabu, 07 September 2022
0 dilihat
Cara Bersihkan RAM di HP Android dan iPhone Agar Tak Lemot
HP yang lemot bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu penyebab umum yang sering terjadi adalah karena kapasitas RAM yang terlalu kecil. Foto: Repro Kompas.com

" Semakin banyak aplikasi yang dibuka, maka performa HP pun akan semakin lambat "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat membeli HP, Random Access Memory (RAM) merupakan salah satu elemen penting yang menjadi pertimbangan setiap orang.

RAM sendiri pun memiliki berbagai macam ukuran mulai dari 1 GB hingga 12 GB. Komponen RAM itulah yang bekerja lebih keras ketika smartphone membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Namun, semakin banyak aplikasi yang dibuka, maka performa HP pun akan semakin lambat.

Ada beberapa cara membersihkan RAM HP yang dapat dilakukan untuk mengatasi kinerja HP yang lemot agar bisa kembali berjalan dengan normal. Cara membersihkan ini bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi atau menghapus beberapa file yang tidak dibutuhkan.

Berikut cara membersihkan RAM di HP Android dan iPhone.

1. Cara bersihkan RAM di HP Android

Mengutip Detik.com, untuk langkah awal, pengguna dapat mengecek terlebih dahulu berapa banyak RAM yang sudah terpakai. Nah bila ingin melihatnya, bisa melakukannya di menu pengaturan.

- Kunjungi pengaturan HP

- Lalu masuk ke menu Memori, atau bisa langsung masukkan kata kunci tersebut di kolom pencarian.

- Enter

- Kemudian pengguna akan ditampilkan berapa banyak RAM yang dimiliki smartphone kalian dan berapa yang terpakai oleh sistem dan aplikasi.

- Selanjutnya, cukup tekan tombol Hapus Sekarang, bila ingin membersihkannya.

- Selesai

Baca Juga: iPhone 14 Segera Meluncur, Ini 4 Fitur yang Paling Dinanti

Nah melalui menu Memori, pengguna dapat melihat aplikasi mana yang paling memakan banyak RAM. Lalu dalam upaya mendukung performanya, bisa mengurangi beberapa aplikasi itu, terlebih khusus yang sudah tidak pernah digunakan.

2. Cara bersihkan RAM di HP iPhone

Dikutip dari Kompas.com, iPhone tidak memiliki cara built-in untuk memeriksa jumlah RAM yang digunakan di ponsel. Hal ini juga tidak dimaksudkan agar bisa dilihat oleh pengguna.

Jika Anda ingin memantau penggunaan RAM, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi paling populer adalah "System Status". Selain itu, Anda bisa membersihkan RAM usage di Apple dengan beberapa cara di bawah ini.

- Restart iPhone secara berkala

Melakukan restart pada iPhone secara berkala bisa membuat ponsel menjadi lebih segar. Sebab dengan mematikan iPhone, semua aplikasi yang berjalan akan dihentikan dan RAM akan lebih lega.

Pengguna bisa melakukan restart secara berkala misalnya, dua hari sekali atau sekali setiap hari. 

Caranya mudah, Anda bisa langsung menekan atau menahan tombol power. Kemudian geser menu yang dengan jari Anda, maka iPhone akan melakukan mati.

Setelah sepuluh detik kemudian Anda bisa lagi menyalakan iPhone Anda kembali.

- Membersihkan RAM lewat tombol power

Ada trik tersembunyi. Pengguna iPhone bisa membersihkan RAM melalui tombol power, namun, trik ini bekerja pada iPhone yang masih memiliki tombol "home" fisik.

Caranya, tekan dan tahan tombol daya hingga slider muncul. Pastikan iPhone Anda tidak terkunci. Kemudian, tekan dan tahan tombol Home selama lima detik saat slider power muncul.

- Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Sama halnya dengan Android, Anda akan mendapatkan ponsel dengan kinerja yang lebih baik apabila menghapus beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan lagi.

Tindakan ini akan membebaskan ruang penyimpanan dan RAM yang biasanya tetap digunakan aplikasi di backgorund.

Caranya cukup mudah, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus di ponsel, kemudian tekan dan tahan ikon aplikasi hingga muncul tombol "x". Kemudian tombol tersebut untuk menghapusnya.

Baca Juga: HP Kemasukan Air? Ini 5 Cara Mengatasinya

- Matikan beberapa efek

Beberapa efek dan transisi menu di iOS dapat membuat kinerja iPhone model lama lebih lambat. Anda bisa menonaktifkan ini untuk membantu meningkatkan kinerja iPhone.

Caranya mudah, cukup buka Pengaturan dan pilih "general", dan tap "Aksesibilitas". Kemudian ketuk "Reduce Motion", lalu aktifkan.

Dirangkum KompasTekno dari Wikihow, Senin (26/10/2020) selanjutnya, kembali ke menu "Aksesibilitas" dan pilih "Increase Contrast". Selanjutnya ketuk toggle "Reduce Transparency".

Selain beberapa cara di atas, usaha yang dilakukan agar RAM tidak terlalu bekerja keras, salah satunya juga tidak memasang live wallpaper.

Sebaiknya, hindari penggunaan aplikasi tambahan, di mana disinyalir dapat meningkatkan performa RAM, karena belum tentu itu bisa bekerja dengan baik. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga