Cara Mudah Melihat Password WiFi di Ponsel

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 04 Mei 2024
0 dilihat
Cara Mudah Melihat Password WiFi di Ponsel
Password WiFi ternyata dapat dilihat melalui ponsel dengan cara mudah. Foto: Repro internetcerdas.id

" Rangkaian kata sandi rumit kerap membuat seseorang lupa dengan password WiFi yang pernah terkoneksi dan tersimpan pada ponsel. Apalagi jika jumlah WiFi yang terhubung ada banyak "

KENDARI, TELISIK.ID - Rangkaian kata sandi rumit kerap membuat seseorang lupa dengan password WiFi yang pernah terkoneksi dan tersimpan pada ponsel. Maka penting untuk mengetahui cara melihat semua password WiFi dari ponsel.

Dikutip dari it.telkomuniversity.ac.id, WiFi merupakan sebuah jaringan nirkabel yang biasa digunakan oleh perangkat komputer atau handphone untuk dapat terhubung ke internet tanpa menggunakan kabel apapun.

Istilah WiFi sendiri pada awalnya digunakan untuk menggantikan LAN atau local area network yang dimana jenis wireless berdasarkan standar protokol jaringan.

Dengan sifatnya yang nirkabel, dimana tidak membutuhkan kabel sambungan apapun, pengguna WiFi akan lebih nyaman dalam mengakses internet dari semua lokasi yang dapat dijangkau. Pengguna juga tidak perlu berada di suatu lokasi saja untuk bisa menggunakan internet.

Namun rangkaian kata sandi rumit kerap membuat seseorang lupa dengan password WiFi yang pernah terkoneksi dan tersimpan pada ponsel. Apalagi jika jumlah WiFi yang terhubung ada banyak.

Maka penting untuk mengetahui cara melihat semua password WiFi agar ponsel dapat kembali terkoneksi internet.

Baca Juga: Keunggulan dan Kekurangan HyperOS untuk HP Xiaomi

Melansir telkomsel.com, sebelum mengikuti cara melihat password WiFi di ponsel, hal pertama yang harus dipastikan adalah apakah ponsel sudah pernah di-root atau belum. Kondisi ini akan menyulitkan ketika ingin melihat password WiFi yang sudah tersimpan.

Apabila ponsel sudah di-root, cara melihat password WiFi-nya adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti "WiFi Key Recovery".

Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan dibuat khusus untuk melihat password WiFi yang sudah tersimpan.

Namun, kalau ponsel belum di-root, memungkinkan tidak bisa melihat password WiFi yang tersimpan secara langsung. Berikut langkah-langkah sederhana untuk melihat password WiFi di ponsel:

- Buka bagian pengaturan WiFi di perangkat hp.

- Cari dan pilih jaringan WiFi yang sedang terhubung.

Baca Juga: 5 Hero Fighter Gold Line di META Baru

- Pilih dan ketuk opsi ‘Lihat’ atau ‘Detail’ untuk melihat informasi lanjutan terkait jaringan.

- Cari dan ketuk opsi ‘Tampilkan kata sandi’ atau ‘Lihat kata sandi’.

- Password WiFi yang tersimpan akan terlihat.

Nah, itulah beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk melihat password WiFi di ponsel. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga