Cara Memanaskan Injeksi, Cuma Perlu Semenit Saja

Aris Mantobua, telisik indonesia
Senin, 11 April 2022
0 dilihat
Cara Memanaskan Injeksi, Cuma Perlu Semenit Saja
Perlakuan motor injeksi berbeda dengan motor karburator. Foto: Repro Kompas.com

" Untuk memanaskan motor injeksi, hanya memerlukan waktu dua menit saja "

KENDARI, TELISIK.ID - Hampir semua kendaraan bermotor untuk saat ini sudah menggunakan sistem pencampuran bahan bakar dan udara dengan injeksi. Hal Ini diklaim lebih irit bahan bakar jika dibandingkan dengan sistem karburator, termasuk juga motor.

Tentu saja perlakuan motor injeksi berbeda dengan motor karburator. Melansir dari CNN Indonesia, beberapa cara untuk memanaskan motor injeksi yang hanya memerlukan waktu dua menit saja.

  1. Gunakan starter engkol, bukan starter elektrik.
  2. Tak perlu geber motor secara berlebihan, hal ini memperpendek usia oli mesin, membuat mesin panas, hingga bisa menyebabkan overheat.
  3. Jangan lama-lama. Durasi idealnya hanya memerlukan waktu sekitar 1-2 menit saja.
  4. Tidak memanaskan motor injeksi di dalam ruangan, karena akan menghasilkan zat karbon monoksida.

Dikutip dari Kompas.com, pada umumnya motor injeksi sudah ada sistem choke otomatis yang memudahkan untuk menyalakan mesin saat masih dingin sekaligus sebagai sistem untuk memanaskan motor.

Ini dikarenakan sepeda motor model-model terbaru telah dilengkapi teknologi Engine Control Module (ECM) sehingga proses memanaskan mesin motor bisa berjalan dengan cepat.

Baca Juga: Google Maps Bakal Punya Fitur Baru, Bisa Cek Tarif Tol di Indonesia

Untuk memanaskan mesin motor cukup sekitar 2-5 menit. Saat dipanaskan ketika mesin masih dingin, RPM akan naik. Jika RPM sudah langsam kembali sekitar 1.500 RPM maka motor sudah siap dipakai.

"Memanaskan mesin motor terlalu lama hanya membuat bensin jadi cepat habis," kata Adih selaku Supervisor Service bengkel resmi Yamaha, Mekar Motor Bintaro kepada GridOto.

Selain boros bensin, memanaskan motor terlalu lama apalagi dengan sirkulasi udara yang buruk juga berbahaya.

Baca Juga: Simak 8 Cara Mudah Bersihkan Memori HP Kamu

Melansir dari GridOto.com saat mesin motor dipanaskan terlalu lama di tempat yang enggak ada sirkulasi udara yang baik membuat mesin jadi sangat panas. Belum lagi emisi gas buang yang dihasilkan saat memanaskan mesin motor juga berbahaya buat manusia.

Membiarkan mesin motor terlalu panas juga enggak bagus. Hal itu dapat memperpendek usia komponen di dalam mesin, terutama sil-sil berbahan karet dan ring piston. (C)

Reporter: Aris Mantobua

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga