Anda Pengguna WhatsApp? Bulan Depan Bakal Ada Kebijakan Privasi Baru

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 07 Januari 2021
0 dilihat
Anda Pengguna WhatsApp? Bulan Depan Bakal Ada Kebijakan Privasi Baru
Aplikasi WhatsApp. Foto: Repro google.com

" Saat pengguna meneruskan media dalam sebuah pesan, kami menyimpan media tersebut untuk sementara dalam bentuk terenkripsi di server kami untuk membantu pengiriman penerusan tambahan yang lebih efisien/ "

KENDARI, TELISIK.ID - Demi meningkatkan pelayanan dan kualitas, WhatsApp akan menerbitkan persyaratan baru dan kebijakan privasi yang berlaku mulai 8 Februari 2021.

Pengguna WhatsApp yang ingin menggunakan aplikasi setelah tanggal ini, harus menyetujui persyaratan dan kebijakan privasi baru.

Dilansir Bisnis.com, WhatsApp mulai mengirimkan pemberitahuan dalam aplikasi untuk menginformasikan penggunanya bahwa mereka telah memperbarui persyaratan dan kebijakan privasinya, serta meminta pengguna untuk menyetujui kebijakan baru.

Persyaratan baru dan kebijakan privasi WhatsApp akan berlaku mulai 8 Februari 2021, dan pengguna yang ingin menggunakan aplikasi setelah tanggal ini harus menyetujui persyaratan dan kebijakan privasi baru. Jika Anda tidak menerima kebijakan ini, Anda tidak akan dapat menggunakan aplikasi.

WhatsApp akan berhenti berfungsi jika Anda tidak menyetujui persyaratan dan kebijakan privasinya yang baru.

Baca juga: Terbaru, Windows 10 Akan Hapus Adobe Flash dari Komputer

Pemberitahuan tersebut juga menyebutkan bahwa pengguna yang lebih memilih untuk menghapus akunnya daripada menerima persyaratan baru dapat mengunjungi pusat bantuan untuk informasi lebih lanjut.

Melansir Business Insider pada Rabu (6/1/2021), persyaratan layanan dan kebijakan privasi WhatsApp yang diperbarui mencakup pembaruan berikut:

- Informasi tambahan tentang bagaimana WhatsApp menangani data Anda.

- Perubahan komunikasi dengan bisnis.

- Bagaimana WhatsApp membagikan data dengan Facebook dan produknya.

Di bagian 'Informasi yang Kami Kumpulkan', WhatsApp telah menyebutkan, “Layanan kami memiliki fitur opsional yang, jika digunakan oleh Anda, mengharuskan kami untuk mengumpulkan informasi tambahan untuk menyediakan fitur tersebut. Anda akan diberi tahu tentang koleksi tersebut, jika sesuai. Jika Anda memilih untuk tidak memberikan informasi yang diperlukan untuk menggunakan fitur, Anda tidak akan dapat menggunakan fitur tersebut.”

Kemudian terkait dengan fitur berbagi lokasi dan izin lokasi, WhatsApp menyebutkan bahwa izin dapat dikelola oleh pengguna Android dan iOS dari pengaturan.

Salah satu kebijakan yang diperbarui juga menyebutkan bahwa WhatsApp sekarang akan menyimpan sementara media yang diteruskan di servernya.

“Saat pengguna meneruskan media dalam sebuah pesan, kami menyimpan media tersebut untuk sementara dalam bentuk terenkripsi di server kami untuk membantu pengiriman penerusan tambahan yang lebih efisien.”

WhatsApp juga mengatakan bahwa ia menyimpan pesan yang tidak terkirim selama 30 hari, dan jika pesan tersebut masih belum terkirim, itu akan dihapus dari servernya.

“Jika sebuah pesan tidak dapat dikirim segera, kami menyimpannya dalam bentuk terenkripsi di server kami hingga 30 hari saat kami mencoba mengirimkannya. Jika pesan masih belum terkirim setelah 30 hari, kami menghapusnya ," demikian pernyataan WhatsApp.

WhatsApp juga telah menambahkan bagian baru yang menyebutkan cara kerjanya dengan perusahaan Facebook lain dan cara berbagi data dengan mereka untuk 'membantu mengoperasikan, menyediakan, meningkatkan, memahami, menyesuaikan, mendukung, dan memasarkan Layanan kami dan penawaran mereka.

Informasi yang dibagikan WhatsApp dengan perusahaan Facebook lain meliputi:

- Iklan

- Informasi pendaftaran akun Anda.

- Data transaksi.

- Informasi tentang bagaimana Anda berinteraksi dengan orang lain.

- Informasi perangkat seluler.

- Alamat IP Anda.

WhatsApp akan berhenti mengidentifikasi kontak yang tidak menggunakan aplikasi Sebagai bagian dari kebijakan barunya, aplikasi akan segera berhenti mengidentifikasi kontak Anda yang saat ini tidak menggunakan aplikasinya. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga