adplus-dvertising

Catat, Ada 7 Masalah Kesehatan yang Disebabkan Bau Badan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 06 Januari 2022
474 dilihat
Catat, Ada 7 Masalah Kesehatan yang Disebabkan Bau Badan
Bau badan dapat menyebabkan tidak percaya diri. Foto: Repro gatsby.co.id

" Saat tubuh banyak berkeringat, bakteri di kulit akan mudah berkembang biak dan memecah protein pada keringat menjadi zat asam, sehingga bau badan pun menjadi tidak sedap "

KENDARI, TELISIK.ID - Meski bau badan merupakan sesuatu yang normal terjadi, namun cukup mengganggu kepercayaan diri.

Mengutip alodokter.com, bau badan biasanya muncul ketika seseorang banyak berkeringat. Namun, pemicunya bukanlah keringat, melainkan bakteri yang ada di kulit.

Saat tubuh banyak berkeringat, bakteri di kulit akan mudah berkembang biak dan memecah protein pada keringat menjadi zat asam, sehingga bau badan pun menjadi tidak sedap.


Kondisi bau badan ini dikenal juga dengan bromhidrosis. Namun, bau badan yang berlebihan bisa jadi disebabkan oleh kondisi kesehatan di tubuh.

Kondisi kesehatan tertentu dapat memicu keringat berlebih atau bahkan membuat tubuh mengeluarkan aroma yang tak biasa.

Melansir cnnindonesia.com, berikut 7 masalah kesehatan yang sebabkan bau badan:

1. Kelainan genetik

Sebuah studi menunjukkan, sepertiga orang dengan bau badan yang tidak dapat dijelaskan mungkin memiliki kelainan genetik langka yang mengganggu metabolisme. Kondisi ini dikenal sebagai trimetilaminuria atau "sindrom berbau amis".

Orang dengan kondisi ini kekurangan enzim untuk untuk memecah senyawa trimetilamin. Alhasil, senyawa ini menumpuk dan bau tak sedap pun keluar dari pori-pori.

2. Fluktuasi hormon

Fluktuasi hormonal bisa menjadi penyebab meningkatnya produksi keringat. Kondisi ini biasanya terjadi saat memasuki masa remaja, dan perimenopause (periode tepat sebelum menopause), dan saat menopause.

3. Stres

Saat stres, seseorang menghasilkan lebih banyak keringat. Tubuh manusia memiliki dua jenis kelenjar keringat yakni ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin mengeluarkan keringat yang digunakan untuk mendinginkan tubuh, sebagian besar berupa air.

Baca Juga: Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Baju Warna Putih

Di sisi lain, keringat apokrin dilepaskan saat stres atau kesal. Keringat ini menjadi lingkungan yang kondusif bagi bakteri berkembang biak dan menimbulkan bau tak sedap.

4. Alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan belerang di dalam tubuh. Kondisi ini dapat membuat tubuh berkeringat lebih banyak sehingga mengeluarkan bau yang tak seperti biasanya.

5. Gangguan diabetes, ginjal, atau hati

Penyakit diabetes, ginjal, dan hati juga dapat membuat tubuh mengeluarkan bau badan yang tak biasa. Penyakit-penyakit ini berkaitan dengan metabolisme tubuh. Pada penderita diabetes misalnya, kesulitan memecah glukosa sehingga tubuh ikut bereaksi mengeluarkan bau yang tak sedap.

6. Gangguan tiroid

Kondisi yang berhubungan dengan gangguan tiroid seperti penyakit Grave dapat menyebabkan seseorang memiliki keringat berlebih. Keringat ini dapat menimbulkan bau yang tak biasa.

7. Pengobatan

Keringat dan bau badan juga bisa disebabkan oleh efek samping pengobatan. Beberapa obat nyeri analgesik, antidepresan SSRI, obat hormonal, dan obat jantung dapat membuat seseorang mengeluarkan keringat berlebih. (C)

Baca Juga: 5 Manfaat Tidur dengan Kaus Kaki

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga