5 Dampak Buruk Bullying pada Anak

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 22 Februari 2023
0 dilihat
5 Dampak Buruk Bullying pada Anak
Jangan anggap sepele perbuatan bullying pada anak, sebab banyak dampak buruk yang dihasilkan. Foto: Huntington post

" Salah satu masalah yang seringkali dialami di pergaulan anak-anak adalah bullying. Jangan anggap sepele perbuatan bullying, sebab banyak dampak buruk yang dihasilkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah yang seringkali dialami di pergaulan anak-anak adalah bullying. Jangan anggap sepele perbuatan bullying, sebab banyak dampak buruk yang dihasilkan.

Pada umumnya, dikutip dari Kompas.com, bullying atau dalam bahasa indonesia dapat diterjemahkan menjadi perundungan dijelaskan oleh American Psychological Association (APA) sebagai bentuk perilaku agresif yang berulang atau sengaja oleh satu atau sekelompok orang yang tujuannya adalah untuk menyakiti seseorang atau membuat seseorang merasa tidak nyaman.

Bentuk-bentuk bullying bisa berupa kontak fisik (seperti mendorong, memukul, ataupun menendang), perkataan (seperti hinaan dan pencemaran nama), dan sosial (seperti mengucilkan).

Baca Juga: Kasek MTsN 1 Kabaena Kecam Tindak Kekerasan dan Bullying pada Pelajar

Jangan anggap sepele perbuatan bullying, sebab banyak dampak buruk yang dihasilkan.

Melansir halodoc.com, berikut beberapa dampak buruk yang dialami anak yang menjadi korban bullying:

1. Merasa takut dan malas untuk berangkat ke sekolah. Anak yang mengalami bullying juga lebih mungkin berbohong untuk menutupi perilaku yang diterimanya. 

2. Mengalami masalah mental. Bullying pada anak bisa memicu perasaan rendah diri, depresi, cemas, serta kesulitan tidur dengan nyenyak. Kondisi ini juga menyebabkan Si Kecil memiliki keinginan untuk menyakiti diri sendiri. 

3. Berpikiran untuk membalas dendam. Ini adalah dampak bullying yang paling berbahaya. Sebab, anak mungkin berpikiran untuk melakukan kekerasan pada orang lain sebagai upaya balas dendam atas perundungan yang dialami. 

Baca Juga: Cyberbullying Marak, Pemkot Kendari Sambangi Pelajar

4. Memicu masalah kesehatan, sebab dampak bullying bisa membuat anak atau remaja berisiko merusak atau menyakiti diri sendiri, misalnya dengan mengonsumsi makanan tidak sehat atau hal lain yang bisa berdampak pada kesehatan tubuh. 

5. Mengalami penurunan prestasi akademik. Hal ini bisa terjadi akibat Si Kecil tidak memiliki keinginan lagi untuk belajar atau merasa kesulitan untuk fokus dalam menerima pelajaran. 

Nah, itulah beberapa dampak buruk yang akan dirasakan anak ketika menjadi korban bullying baik bagi mental maupun kesehatan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga