Cegah Konflik, Hipra Gelar Deklarasi Pilkada Damai Anti Hoaks

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Kamis, 29 Oktober 2020
0 dilihat
Cegah Konflik, Hipra Gelar Deklarasi Pilkada Damai Anti Hoaks
Suasana diskusi Pilkada serentak anti hoaks. Foto: Hamka Dwi Sultra/Telisik

" Hal ini sebagai bentuk edukasi terhadap pemuda agar tidak mudah terprovokasi dengan hoaks yang beredar terkait Pilkada. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Himpunan Pemuda Ranomeeto (Hipra), Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), menggelar diskusi dan deklarasi Pilkada serentak anti hoaks di Warkop Ranomeeto, Rabu malam (28/10/2020).

Kegiatan yang melibatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konsel, Bawaslu Konsel, Kapolres Konsel, serta Paslon Bupati dan Wakil Bupati Konsel tersebut digelar dalam rangka mencegah isu hoax untuk menciptakan Pilkada damai di Konsel.

Ketua Hipra, Ifan Permana mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92.

Menurutnya, pemuda memiliki peran penting dalam menciptakan Pilkada damai anti hoaks pada Pilkada yang akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

"Hal ini sebagai bentuk edukasi terhadap pemuda agar tidak mudah terprovokasi dengan hoaks yang beredar terkait Pilkada," ujarnya.

Baca juga: Di Tengah Wabah COVID-19 Pemilih Diimbau Tidak Takut ke TPS

Selain itu, Pilkada yang akan segera digelar pastinya banyak dibayangi oleh isu hoaks yang dapat memicu perpecahan di masyarakat.

Hoax dapat memicu munculnya prasangka dan ketidakpercayaan pada hasil Pilkada yang pada akhirnya akan menjadi pemicu konflik di masyarakat.

"Untuk itu, Hipra berkomitmen untuk turut membantu memerangi isu hoax dan sara melalui diskusi-diskusi seperti ini," ungkapnya.

Selain diskusi implementasi sumpah pemuda dalam menghadapi Pilkada serentak anti hoaks, kegiatan tersebut dirangkaikan dengan deklarasi Pilkada damai anti hoaks di Konsel. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga