Di Tengah Wabah COVID-19 Pemilih Diimbau Tidak Takut ke TPS

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Kamis, 29 Oktober 2020
0 dilihat
Di Tengah Wabah COVID-19 Pemilih Diimbau Tidak Takut ke TPS
Ketua KPU Konsel, Aliuddin saat membawakan materi pada kegiatan Refleksi Sumpah Pemuda, dalam menghadapi Pilkada anti hoax. Foto: Hamka Dwi Sultra/Telisik

" Dengan kesiapan APD lengkap, Insyaallah tidak akan terjadi klaster baru dalam Pilkada di Konsel. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Menjelang Pilkada serentak di tengah COVID-19 yang masih mewabah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Selatan (Konsel) mengimbau pemilih tidak takut datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua KPU Konsel, Aliuddin mengungkapkan, penyelenggara Pilkada sebelum bekerja di TPS akan dilakukan rapid test serta akan difasilitasi Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, guna mencegah terjadinya penyebaran COVID-19.

"Dengan kesiapan APD lengkap, Insyaallah tidak akan terjadi klaster baru dalam Pilkada di Konsel," ungkapnya, Rabu malam (28/10/2020).

Tentunya, dengan kesiapan-kesiapan itu masyarakat perlu didorong agar tidak takut datang di TPS dan mau menggunakan hak suaranya pada 9 Desember mendatang.

Terlebih lagi, lanjutnya, pada saat pemilihan nanti, jika ada pemilih yang suhu badannya di atas 37.30 derajat celcius, KPU Konsel akan menyiapkan bilik khusus yang terpisah dari pemilih lainnya di TPS.

Baca juga: Wakil Ketua DPR RI Hadiri Langsung Kampanye Paslon HATI di Wakatobi

"Begitupun dengan masyarakat yang melakukan isolasi, rencananya KPU Konsel akan tetap melayani dan menyiapkan bilik khusus, selama terdata sebagai pemilih," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya agar selalu menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, sarung tangan yang telah disediakan penyelenggara, jaga jarak serta mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer.

"Di TPS juga nanti untuk penggunaan tinta itu berubah, yang dulunya dicelup sekarang diteteskan," tandasnya.

KPU Konsel berharap, agar di tengah Pandemi COVID-19, masyarakat tetap menggunakan hak suaranya dan tidak takut untuk datang di TPS dengan adanya fasilitas yang telah disediakan penyelenggara. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga