China Temukan Toilet Siram Berusia 2.400 Tahun

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 21 Februari 2023
0 dilihat
China Temukan Toilet Siram Berusia 2.400 Tahun
Lokasi penggalian toilet di istana kerajaan Kota Yueyang, China Barat Laut. Para arkeolog di China menganggap bahwa toilet siram yang ditemukan ini kemungkinan merupakan salah satu yang tertua di dunia. Foto: Repro Sindonews.com

" Arkeolog yang sedang menggali reruntuhan istana di Kota Yueyang terkejut saat mereka menemukan kloset siram yang usianya diperkirakan 2.200-2.400 tahun silam "

YUEYANG, TELISIK.ID - Toilet siram ternyata telah ada sejak ribuan tahun lalu. Bagian bawah toilet yang diperkirakan berusia 2.400 tahun ditemukan di kota kuno Yueyang, China barat laut.

Melansir Sindonews.com, arkeolog yang sedang menggali reruntuhan istana di Kota Yueyang terkejut saat mereka menemukan kloset siram yang usianya diperkirakan 2.200-2.400 tahun silam.

Padahal, sejumlah sejarawan mencatat, toilet siram pertama ditemukan sekira 500 tahun lalu, tepatnya pada 1596 ketika putra baptis Ratu Elizabeth I, Sir John Harington, menuliskannya dalam catatan.

Siaran pers Institut Arkeologi di Akademi Ilmu Sosial China menyebut bahwa kloset siram kuno itu jauh lebih maju dari masanya karena sistem drainase air di kota Yueyang yang memang sangat baik.

Dikutip dari Merdeka.com, toilet tersebut terdiri dari semacam wadah yang diletakkan di dalam ruangan tertutup dan sebuah pipa yang menghubungkan dengan lubang di luar ruangan. Pembantu diperkirakan bertugas menuangkan air ke dalam wadah tersebut setiap kali digunakan.

Baca Juga: Unik, Profesor Ini Ciptakan Toilet Pengubah Tinja Menjadi Energi Listrik

Toilet ini digunakan di antara reruntuhan sebuah istana di Yueyang kuno, dan diperkirakan digunakan oleh Qin Xiaogong (381-338 SM) atau ayahnya Qin Xian'gong (424-362 SM) dari Kerajaan Qin selama Periode Negara Berperang (475-221 SM).

Toilet ini juga diperkirakan digunakan oleh Liu Bang, kaisar pertama Dinasti Han (206 SM-220 Masehi). Istana tersebut kemungkinan digunakan sebagai kantor pemerintah. Menurut Liu Riu, "benda mewah" seperti toilet siram itu hanya digunakan oleh orang yang memiliki kedudukan tinggi.

Baca Juga: Negara Ini Punya Toilet Transparan Super Canggih

Liu dan rekan-rekannya tidak bisa memastikan seperti apa bentuk bagian atas toilet siram itu atau apakah pengguna bisa duduk di atasnya. Ukiran gambar toilet bertanggal Dinasti Han Barat (206 SM – 9 M) menunjukkan bahwa pengguna mungkin berjongkok di atas wadah tersebut.

"Toilet siram merupakan bukti konkret pentingnya sanitasi bagi orang-orang China kuno," jelas Liu, menambahkan ada beberapa catatan sejarah terkait toilet dalam ruangan pada zaman kuno.

Ia mengatakan bahwa pihaknya tengah menganalisis tanah untuk mengetahui pola makan dan kebiasaan makan orang-orang yang hidup ratusan hingga ribuan tahun lalu. Para arkeolog di China menganggap bahwa toilet siram yang ditemukan ini kemungkinan merupakan salah satu yang tertua di dunia. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga