adplus-dvertising

Demi Jadi Mualaf, Mantan Host Populer Ini Rela Tinggalkan Kemewahan

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Jumat, 05 Agustus 2022
603 dilihat
Demi Jadi Mualaf, Mantan Host Populer Ini Rela Tinggalkan Kemewahan
Kristiane Backer adalah seorang mualaf dan juga sosok yang populer sebagai VJ MTV di eranya. Foto: Repro Viva.co.id

" Setelah yakin, Kristiane yang merupakan seorang Protestan pun mulai berdoa dan beberapa bulan kemudian, ia secara resmi mengucapkan syahadat "

GERMANY, TELISIK.ID - Seperti diketahui, saat ini Islam telah tersebar di seluruh penjuru dunia. Membawa ajaran yang begitu baik serta jelas, kerap kali membuat banyak orang tertarik dengan Islam bahkan hingga memutuskan menjadi seorang mualaf.

Seperti kisah seorang wanita asal Jerman bernama Kristiane Backer. Backer diketahui merupakan sosok VJ MTV Europe yang populer di masanya yakni, pada tahun 1990-an hingga 2010.

Mengutip dari Celebrities.id, karirnya melesat tidak hanya sebatas menjadi host untuk acara musik saja, namun juga menjadi sosialita papan atas benua biru. 


Berhasil mencapai popularitas dan memiliki pundi-pundi kekayaan luar biasa, nyatanya tidak membuat Kristiane Backer bahagia. Dia pun kemudian terlibat dalam sebuah perjalanan spiritual yang akhirnya mengantarkannya menjadi seorang mualaf.

Hebatnya lagi, saat itu terjadi, Kristiane Backer rela meninggalkan semua pencapaiannya.

“Saya menjalani kehidupan luar biasa. Saya memiliki semua yang bisa diimpikan oleh seorang anak muda,” ucap Kristiane Backer di YouTube Ape Astronaut.

Tetapi terlepas dari keberhasilan tersebut, dia selalu merasakan kekosongan batin, jauh di lubuk hati ada sesuatu yang masih hilang dan Kristiane Backer kerap merasa kesepian. 

“Saat itu saya dilema. Saya berada di atas panggung dengan 70 ribu orang bersorak dan seolah-olah saya berada di atas awan. Tapi saya merasa kesepian,” ujar Kristiane Backer.

Baca Juga: Kisah Dave Chappelle, Komedian Ternama Asal Amerika Memilih Jadi Mualaf

Perjalanan spiritualnya dimulai saat sang VJ berpacaran dengan Imran Khan, sosok atlet kriket asal Pakistan yang menjadi orang pertama yang mengenalkannya pada Islam pada 1992. Imran memainkan musik sufi untuknya dan menjelaskan bahwa liriknya ditujukan kepada Tuhan.

Dalam perjalanan ke Pakistan, dia mengetahui bahwa 'Allah' adalah kata Arab untuk Tuhan, Pencipta alam semesta. Dia juga memperhatikan pentingnya yang diberikan oleh orang Pakistan kepada Tuhan dan bagaimana.

“Dia ada di mana-mana: dalam arsitektur yang indah, dalam musik, dan di hati orang-orang,” ucapnya.

Kembali dari perjalanannya ke Pakistan, Kristiane Backer menghadiri penghargaan musik MTV di Los Angeles dan dia merasa bahwa seluruh adegan itu sangat palsu dan dangkal. 

"Saya sangat merindukan kehangatan dan keaslian orang-orang yang saya temui di Pakistan," ucapnya. 

“Saya merindukan semua stimulasi intelektual ini, ada begitu banyak yang bisa ditemukan. Setelah bekerja di MTV, di mana Anda harus meninggalkan otak Anda di rumah dan bersenang-senang di tempat kerja," katanya.

Dikutip dari Okezone.com, saat mempelajari Islam lebih lanjut, Kristiane terkejut dengan buku-buku yang dia baca tentang Islam, di mana menyebutkan para Nabi yang akrab dengannya. Dia menemukan begitu banyak kesamaan antara Yudaisme, Kristen, dan Islam.

Kristiane mengambil beberapa waktu untuk memastikan Islam adalah pilihan yang tepat. Namun saat menjalani hubungan dengan Imran yang seorang Muslim, Kristiane pernah berbicara di depan publik bahwa meskipun dia belum menjadi mualaf, dia adalah seorang Muslim di hati.

Setelah yakin, Kristiane yang merupakan seorang Protestan pun mulai berdoa dan beberapa bulan kemudian, ia secara resmi mengucapkan syahadat.

Menjadi seorang Muslim segera mengakhiri kariernya di MTV dan dunia hiburan, karena Kristiane Backer menemukan fakta bahwa sulit bagi artis wanita untuk bisa eksis dengan penampilan tertutup, sesederhana mengenakan baju lengan panjang.

Baca Juga: Gadis Ini Putuskan Mualaf usai Mencoba Salat Pertama Kali

Tidak sampai di situ saja, hubungan Kristiane dengan Imran pun kandas setelah tiga tahun berjalan. Seakan kehilangan segalanya, Kristiane menganggapnya sebagai ujian dari Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Kesabarannya tersebut membuahkan hasil. Pada 2002, ia menunaikan ibadah haji dan dari situ Kristiane mulai mengerjakan buku biografinya 'From MTV to Mecca' dan menerbitkannya di Jerman pada tahun 2009 dan meraih sukses.

Buku tersebut sangat populer hingga diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa seperti Inggris, Arab, Belanda, dan Turki.

Kini Kristiane Backer dikenal sebagai seorang "Duta Haji" untuk Pemerintah Arab Saudi. Ia pun memutuskan menjadi seorang konsultan seni di Jerman. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga