Ini Doa Perlindungan dari Keburukan yang Diajarkan Rasulullah

Haerani Hambali, telisik indonesia
Selasa, 07 September 2021
0 dilihat
Ini Doa Perlindungan dari Keburukan yang Diajarkan Rasulullah
Berdoa memohon perlindungan kepada Allah Subhanahu Wata’ala sangat penting dilakukan sebelum memulai aktivitas, agar kita terhindar dari keburukan. Foto: Repro Republika.co.id

" Manusia membutuhkan rasa aman dan tenteram, karena itulah doa dan zikir menjadi sangat penting. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebelum melakukan aktivitas sehari-hari, kita dianjurkan untuk berdoa dan meminta perlindungan kepada Allah agar terhindar dari segala keburukan.

Manusia membutuhkan rasa aman dan tenteram, karena itulah doa dan zikir menjadi sangat penting.

Syariat Islam yang penuh hikmah ini memerintahkan kepada umatnya agar senantiasa memohon perlindungan kepada Allah dari berbagai musibah serta dari takdir yang buruk.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian.” (HR. Bukhari).

Dikutip dari Republika.co.id, sekian banyak zikir yang penuh dengan keutamaan, ada sebagian zikir yang Allah jadikan wasilah bagi hambanya untuk berlindung dari berbagai bahaya dan musibah.

1. Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang menyaksikan orang yang terkena musibah, kemudian mengatakan:

(segala puji bagi Allah yang telah menghindarkanku dari musibah yang menimpamu, serta memberikan kelebihan kepadaku atas sekian banyak ciptaan-Nya), niscaya Allah akan menghindarkannya dari musibah tersebut sepanjang hayatnya, walau bagaimanapun keadaannya” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

2. Dari Utsman bin ‘Affan radhiyallahu ‘anhu mengatakan, ‘Saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barang siapa yang mengatakan: Bismillaahilladzii laa yadhurru ma'asmihi syai'un fil ardhi walaa fissamaai wahuwassamii'ul 'adziim.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui) sebanyak tiga kali, niscaya tidak akan ada sesuatu pun yang memudharatkannya” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

3. Dari Khaulah binti Hakim, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang singgah di sebuah tempat kemudian ia mengatakan, A'udzu bikalimaatillaahittammaati minsyarrimaa khalaq.

Artinya: Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan apa yang diciptakan-Nya.

Niscaya tidak akan ada yang memudharatkannya” (HR. Tirmidzi dan An Nasai)

Baca juga: 4 Mata Pencaharian yang Diberantas Agama Islam

Baca juga: Indahnya Islam Mengajarkan Cara Memuliakan Tamu

4. Dari Sa’ad bin Abi Waqash mengatakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Doa yang dipanjatkan oleh Dzun Nun (Nabi Yunus) ‘alaihissalaam tatkala berada di dalam perut ikan besar adalah: Laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minazhzhoolimiin.

Artinya: Ya Allah, tiada yang berhak disembah selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya saya adalah termasuk orang-orang yang zhalim).

Tidaklah seorang muslim terkena musibah kemudian berdoa dengannya, melainkan Allah akan akan mengabulkan keinginannya” (HR. Tirmidzi).

Allah abadikan kisah Nabi Yunus ‘alahissalaam di dalam Al Quran Surat Ash Shoffat ayat 143-144 :

“Maka jika sekiranya dia (Yunus) tidak termasuk orang-orang yang banyak berdzikir (bertasbih) kepada Allah, niscaya dia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit.”

Imam Nawawi di dalam kitab Al Adzkar yang menukil perkataan Imam Ghazali yang mengatakan, "Ketahuilah, sejatinya menolak musibah dengan doa adalah termasuk takdir Allah."

Doa merupakan sebab untuk menolak musibah dan sekaligus sebab terwujudnya rahmat. Hal ini bagaikan perisai yang merupakan sebab untuk menangkis senjata atau air yang merupakan sebab tumbuhnya tanaman dari dalam bumi. Sebagaimana perisai dan anak panah yang saling menyerang dan menahan, demikian pula halnya doa dan musibah.

Dan dalam mengakui takdir, tidak disyaratkan untuk meninggalkan senjata saat perang. Allah  berfirman:

“Hendaklah mereka bersiap siaga dan menyandang senjata mereka.” (QS. An Nisaa:102).

Memang betul, Allah telah menakdirkan segala sesuatu, namun Allah jualah yang telah menakdirkan sebab-sebabnya.

Doa-doa pendek untuk mencegah kejadian buruk

Dikutip dari Sindonews.com, ada beberapa doa pendek untuk mencegah kejadian buruk yang bisa kita amalkan. Di antaranya:

1.Doa menolak firasat buruk atau sial

Allaahumma Laa Khaira Illaa Khairuka, wa Laa Thaira Illaa Thairuka, wa Laa Ilaaha Ghairuka

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kebaikan kecuali kebaikan yang berasal dari-Mu dan tidak ada kesialan kecuali kesialan yang berasal dari-Mu (yang telah Engkau tetapkan), dan tidak ada Tuhan selain Engkau.” (HR. Ahmad).

2. Doa berlindung dari nikmat, berubah afiat, bencana dan kemurkaan Allah

Allaahumma innii a’uudzu bika min zawaali ni’matik, wa tahawwuli ‘aafiyatik, wa fujaa-ati niqmatik, wa jamii’i sakhathik.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu, dari berubahnya afiat-Mu, dari bencana yang datang tiba-tiba dan dari semua kemurkaan-Mu.” (HR. Muslim).

3. Doa berlindung dari keadaan berat, kesengsaraan, keburukan takdir dan kegembiraan musuh

Allaahumma innii a’uudzu bika min jahdil balaa’, wadarakisy-syaqoo’, wasuu-il qodhoo’, wasyamaatatil a’daa’.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keadaan yang berat, kesengsaraan, keburukan takdir dan kegembiraan musuh atas musibah yang menimpaku.”

4. Doa berlindung dari keburukan amal

Allaahumma innii a’uudzu bika min syarri maa ‘amiltu, wa syarri maa lam a’mal.

Artinya: ”Ya Allah, aku berlindung dari keburukan yang telah aku perbuat dan keburukan yang belum aku perbuat”. (HR. Muslim). Wallahu A'lam. (C)

Reporter: Haerani Hambali

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga