Demokrat Usul 3 Nama Ini Termasuk Rektor UHO Kendari Pj Gubernur Sulawesi Tenggara

Kardin, telisik indonesia
Selasa, 01 Agustus 2023
0 dilihat
Demokrat Usul 3 Nama Ini Termasuk Rektor UHO Kendari Pj Gubernur Sulawesi Tenggara
Salah satu calon Pj Gubernur Sulawesi Tenggara yang diusul Demokrat yakni Rektor UHO Kendari, Muh Zamrun Firihu. Foto: Facebook Hamiruddin Udu

" Guna mengantisipasi kekosongan kekuasaan di lingkup Pemprov Sulawesi Tenggara, para fraksi DPRD mengusulkan sejumlah nama calon Penjabat (Pj) gubernur. Usulan tersebut akan diputuskan di dalam rapat paripurna DPRD "

KENDARI, TELISIK.ID - Guna mengantisipasi kekosongan kekuasaan di lingkup Pemprov Sulawesi Tenggara, para fraksi DPRD mengusulkan sejumlah nama calon Penjabat (Pj) gubernur. Usulan tersebut akan diputuskan di dalam rapat paripurna DPRD yang digelar Selasa (1/8/2023).

Masa jabatan Gubernur Ali Mazi dan Wagub Lukman Abunawas akan berakhir 5 September 2023 mendatang, tepat lima tahun kepemimpinan AMAN (Ali Mazi Lukmam Abunawas) sejak 2018.

Untuk itu, Partai Demokrat Sulawesi Tenggara mengusulkan tiga nama sebagai bakal calon Pj gubernur pengganti Ali Mazi, mereka adalah Rektor Universitas Haluoleo (UHO) Kendari, Muh Zamrun Firihu, Irjen Depdagri, Tomsi Tohir dan Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Pembangunan Mendagri, Ahmad Pidana Bolombo.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPD Partai Demokrat Sultra, Muh. Endang SA pada Selasa (1/8/2023).

Baca Juga: Infografis: Ini 4 Nama Calon Pj Gubernur Sulawesi Tenggara yangl Diusulkan DPRD

Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Tenggara, Muh Endang SA menjelaskan, ketiga orang tersebut menurut keyakinannya bisa menjalankan tanggungjawab sebagai gubernur dan bisa membereskan segala kekacauan yang dibuat Ali Mazi selama menjadi gubernur.

“Zamrun dengan tangan dinginnya berhasil mengembangkan UHO menjadi universitas terbaik, Tomsi Tohir adalah Irjen Depdagri yang berhasil mengubah wajah birokraksi Kemendagri, Ahmad Pidana juga sudah membuktikan dirinya sebagai saat menjabat Pj Sekda Sulawesi Tenggaraa,” jelas Endang.

Sementara untuk agenda yang harus dibuat Pj gubernur nantinya menurut Endang, adalah memperbaiki penataan birokrasi, rasionalisasi APBD Sulawesi Tenggara dengan melakukan evaluasi terhadap proyek-proyek mercusuar Ali Mazi dan segera menyahuti aspirasi rakyat yang menginginkan perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan.

Caleg DPR RI ini juga menambahkan, pengusulan Pj gubernur oleh Partai Demokrat itu menyesuaikan dengan regulasi yang ada yaitu UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Otonomi Daerah dan Peraturan Mendagri Nomor 4 Tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Walikota dan Bupati.

“Insya Allah Partai Demokrat tidak asal sebut hanya untuk kepentingan suara saja, tapi memang benar-benar memperhatikan regulasi yang ada,” tutup Endang.

Sebelumnya, Sekretaris DPRD (Sekwan) Sulawesi Tenggara, Ld Mustari menerangkan, ada 4 calon Pj yang mencuat di DPRD, mereka adalah dua mantan Kapolda Sulawesi Tenggara, Komjen Andap Budhi Revianto dan Irjen Yan Sultra Indrayan, selanjutnya Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Muh Zamrun Firihu dan Sekda Sulawesi Tenggara, Asrun Lio.

Baca Juga: Usulan Nama Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Ini Tanggapan Pengamat

meski ada 4 nama masuk calon bursa sebagai Pj gubernur, kata Mustari, namun dalam sidang paripurna akan dikerucutkan menjadi 3 nama.

"Paripurna akan pilih 3 nama saja. Paripurnanya nanti Minggu depan," beber Mustari saat ditemui di Kantor DPRD Sulawesi Tenggara, baru-baru ini.

Setelah mengerucut, tiga nama nantinya akan dikirim ke Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) untuk dipilih kembali sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara.

"Kan Mendagri akan mengusul juga tiga nama, jadi semua ada 6 nama," ucapnya. (B)

Penulis: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga