Deretan Manfaat Ampas Kopi, Bisa Dijadikan Kompos

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 04 Juni 2023
0 dilihat
Deretan Manfaat Ampas Kopi, Bisa Dijadikan Kompos
Membuat kompos dari ampas kopi cukup mudah, hanya perlu membuangnya langsung ke tumpukan kompos. Foto: Repro Kompas.com

" Ampas kopi sebagai kompos akan memberikan beberapa manfaat bagi kebun kita. Salah satunya, membantu menambah nitrogen ke tumpukan kompos "

KENDARI, TELISIK.ID -  Kopi merupakan salah satu minuman favorit di Indonesia. Namun, banyak orang setelah menikmati kopi, biasanya akan langsung membuang ampasnya. Kebiasaan ini mungkin dilakukan semua orang tanpa pikir panjang, termasuk kita.

Namun, tahukah kamu jika ampas kopi ternyata masih memiliki manfaat lain seperti dilansir dari Kompas.com dan Suara.com jaringan Telisik.id.

1. Ampas kopi sebagai kompos

Ampas kopi sebagai kompos akan memberikan beberapa manfaat bagi kebun kita. Salah satunya, membantu menambah nitrogen ke tumpukan kompos kita. Membuat kompos dari ampas kopi juga cukup mudah, hanya perlu membuangnya langsung ke tumpukan kompos kita.

Baca Juga: 3 Tahap Kenalkan Pendidikan Seks pada Anak

Bahkan, filter kopi pun dapat dibuat jadi kompos. Namun, perlu diingat jika ampas kopi dianggap sebagai kompos hijau (kompos yang kaya akan nitrogen dan protein), sehingga masih membutuhkan kompos coklat (kompos kaya karbon dan karbohidrat).

2. Meningkatkan kandungan nitrogen

Salah satu manfaat ampas kopi untuk tanaman adalah meningkatkan kandungan nitrogen pada tanah. Dengan begitu, tanaman akan lebih mudah tumbuh, berbunga, dan kemudian berbuah. Khasiat ini diperoleh saat proses pengolahan biji kopi menjadi bubuk kopi.

3. Mengusir hama

Ampas kopi juga dikenal cukup ampuh mengusir berbagai hama yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman, seperti siput. Siput akan kesulitan untuk berjalan di atas ampas kopi. Oleh sebab itu, coba taburkan secara melingkar ampas kopi di area tanaman hias.

4. Ampas kopi sebagai pupuk

Ampas kopi juga dapat ditaburkan langsung ke tanah dan digunakan sebagai pupuk. Namun perlu diingat, meski ampas kopi akan menambah nitrogen ke kompos, namun tidak akan langsung menambahkan nitrogen ke tanah.

Jadi, jika menggunakannya sebagai pupuk, ampas kopi akan menambahkan bahan organik ke tanah, yang meningkatkan drainase, retensi air, dan aerasi di dalam tanah. Ampas kopi bekas juga akan membantu mikroorganisme yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman serta menarik cacing tanah.

Baca Juga: Usai Buka Cadar, Penghasilan Inara Rusli Rp 40 Juta Sehari Padahal Dulu Khawatirkan Nafkah Virgoun

5. Manfaat lain ampas kopi

Banyak orang menggunakan ampas kopi sebagai mulsa untuk tanaman. Ada pula yang memggunakannya untuk mengusir siput dari tanaman. Diyakini, kafein akan memiliki dampak negatif bagi siput, sehingga hewan itu akan menghindari tanah tempat ampas kopi disebar.

Beberapa orang juga meyakini ampas kopi di tanah merupakan penghalau kucing sehingga tidak menjadikan pot tanaman sebagai kotak pasirnya. Bahkan, kita juga dapat menggunakan ampas kopi sebagai makanan ulat bila melakukan vermicomposting dengan cacing. Pasalnya, cacing sangat menyukai ampas kopi. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga