adplus-dvertising

Deretan Negara dengan Kekuatan Militer Terlemah di Dunia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 02 Oktober 2022
464 dilihat
Deretan Negara dengan Kekuatan Militer Terlemah di Dunia
Liberia memiliki jumlah personel militer yang sangat sedikit, sekitar 1.500 orang saja. Maka dari itu, Liberia menjadi salah satu negara dengan kekuatan militer terlemah di dunia. Foto: Repro viva.co.id

" Militer adalah angkatan bersenjata dari suatu negara dan segala sesuatu yang berhubungan dengan angkatan bersenjata. Militer merupakan salah satu aspek yang paling penting di sebuah negara "

KENDARI, TELISIK.ID - Militer adalah angkatan bersenjata dari suatu negara dan segala sesuatu yang berhubungan dengan angkatan bersenjata. Militer merupakan salah satu aspek yang paling penting di sebuah negara.

Selain berfungsi sebagai garda terdepan, menjaga kedaulatan sebuah negara, kekuatan militer juga dapat menambah kebanggaan negara. Hingga tak sedikit negara di dunia berlomba-lomba meningkatkan kekuatan militer, kualitas militer termasuk dengan menambah jumlah personel militer.

Baru-baru ini, Global Firepower baru merilis Military Strength Ranking untuk mendata kekuatan militer negara-negara yang ada di dunia. Dilansor dari berbagai sumber, berikut ini negara dengan kekuatan militer terlemah di dunia amtara lain:


1. Liberia

Melansir dari viva.co.id, Liberia adalah negara yang berada di pesisir barat Afrika, sekaligus menjadi negara republik tertua di wilayah tersebut. Liberia sudah merdeka sejak tanggal 26 Juli 1947. Negara ini pernah dilanda dua perang saudara sekitar tahun 1989 sampai 1996 dan 1999 sampai 2003. Hal ini membuat ratusan penduduknya terpaksa mengungsi.

Baca Juga: Pulau di Negara Ini Terancam Meleleh, Ini Efeknya ke Bumi

Perekonomian negara ini juga sempat hancur. Dengan total penduduk yang mencapai 4,6 juta jiwa, Liberia memiliki jumlah personel militer yang sangat sedikit, yaitu hanya 1.500 orang saja. Maka dari itu, Liberia menjadi salah satu negara dengan kekuatan militer terlemah di dunia. 

2. Somalia

Melansir dari wikipedia.com, Somalia dahulu bernama Republik Demokratik Somali, adalah sebuah negara yang terletak di Tanduk Afrika. Negara ini berbatasan dengan Djibouti di barat laut, Kenya di barat daya, Teluk Aden dan Yaman di utara, Samudra Hindia di sebelah timur, dan Ethiopia di sebelah barat. 

Dikutip dari idntimes.com, sistem militer di Somalia masih berada dalam bayang-bayang insecurity, kekerasan, hingga peraturan yang terkesan penuh manipulasi. Tak cukup sampai di situ, bahkan Somalia juga termasuk negara yang sangat terdampak dari aktivitas terorisme yang ada di sana. Tak heran biarpun memiliki 12 ribu anggota tentara aktif serta 24 ribu penduduk yang siap berperang, kekuatan militer Somalia tetaplah salah satu yang paling lemah.

3. Antigua dan Barbuda

Antigua dan Barbuda merupakan salah satu negara yang bertetangga dengan Saint Kitts dan Nevis. Terletak di Kepulauan Karibia, negara ini memiliki populasi sebesar 97.928 penduduk saja pada tahun 2020. Kekurangan ini juga didukung dengan geografi wilayahnya yang berupa kepulauan.

Pembiayaan negara tersebut untuk kekuatan militernya hanya mencapai US$10 juta dengan total personil yang mencapai 245 orang yang aktif. Tugas utama dari kemiliteran ini adalah untuk mengawasi wilayah laut yang berada di area kepulauan dengan memakai armada tujuh kapal. 

4. Tonga

Nama negara Tonga juga mungkin belum cukup terdengar. Padahal, negara ini letaknya tak terlalu jauh dari Indonesia, yaitu berada di kawasan Oceania. Negara Polinesia dengan 177 pulau ini memiliki luas wilayah hanya sekitar 750 kilometer persegi saja dengan jumlah penduduknya hanya sekitar 105.697 pada tahun 2020.

Baca Juga: Pangeran Arab Muhammad Bin Salman Sewa Model Porno Amerika, Habiskan Rp 6 Triliun

Biaya keamanan untuk militer di Tonga hanya mencapai sekitar 5 juta USD dengan personil aktif hanya sekitar 700 personil saja. Meski memiliki kemampuan militer yang lemah dengan personil yang tak banyak, nyatana Tonga masih aktif terlibat konflik dengan instansi keamanan militer yang ada di Selandia Baru.

5. Gabon

Gabon merupakan salah satu negara yang berada di Afrika bagian barat dan memiliki hari kemerdekaan yang sama dengan Indonesia. Gabon mempunyai kekayaan mineral yang cukup besar sangat berbanding terbalik dengan jumlah penduduknya yang sangat kecil. Lantaran kekayaan sumber daya alam, Gabon dikenal sebagai sebuah negara yang kaya di Afrika. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga