Deretan Negara Lebih dari Satu Ibu Kota: Nomor 7 Tetangga Indonesia

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Senin, 16 September 2024
0 dilihat
Deretan Negara Lebih dari Satu Ibu Kota: Nomor 7 Tetangga Indonesia
Malaysia merupakan negara tetangga Indonesia, memiliki Ibu Kota Negara lebih dari satu. Foto: Repro Pixabay

" Sebagian besar negara memiliki satu ibu kota yang menjadi pusat pemerintahan. Ibu kota biasanya merupakan tempat berkumpulnya berbagai badan negara untuk mengesahkan undang-undang serta menjadi pusat administrasi dan perekonomian "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sebagian besar negara memiliki satu ibu kota yang menjadi pusat pemerintahan. Ibu kota biasanya merupakan tempat berkumpulnya berbagai badan negara untuk mengesahkan undang-undang serta menjadi pusat administrasi dan perekonomian.

Namun, ada beberapa negara yang memiliki lebih dari satu ibu kota. Hal ini terjadi karena berbagai alasan, seperti persaingan regional terkait kekuasaan. Salah satu negara tetangga Indonesia, Malaysia, juga memiliki lebih dari satu ibu kota.

Telisikers, berikut daftar negara yang memiliki lebih dari satu ibu kota:

1. Benin

Mengutip CNN Indonesia, (16/9/2024), Benin memiliki dua ibu kota, yaitu Porto-Novo dan Cotonou. Porto-Novo adalah ibu kota resmi, sedangkan Cotonou menjadi pusat pemerintahan sekaligus kota terbesar di Benin.

Kedua kota ini telah berbagi kekuasaan sejak sebelum Benin merdeka dari Prancis pada tahun 1960.

2. Bolivia

Bolivia memiliki La Paz sebagai ibu kota administratif dan Sucre sebagai ibu kota konstitusional. La Paz, dengan pemandangan pegunungan Andes yang indah, menjadi pusat pemerintahan Bolivia.

Sementara itu, Sucre menjadi tempat sejarah penting Bolivia, terutama selama pemerintahan kolonial.

Baca Juga: Deretan Negara dengan Cadangan Militer Paling Banyak 2024

3. Chile

Chile memiliki dua ibu kota: Santiago sebagai pusat administratif dan peradilan, serta Valparaíso sebagai tempat badan legislatif nasional.

Santiago terkenal dengan gedung-gedung tinggi yang megah, sementara Valparaíso dikenal sebagai kota bersejarah yang mempesona.

4. Pantai Gading

Pantai Gading memiliki Yamoussoukro dan Abidjan sebagai dua ibu kota. Yamoussoukro, yang diangkat sebagai ibu kota kedua pada tahun 1983, adalah tempat masa kecil presiden pertama Pantai Gading.

Namun, Abidjan tetap menjadi pusat pemerintahan de facto dan pusat ekonomi.

5. Republik Ceko

Praha dan Brno adalah dua ibu kota Republik Ceko. Praha, dengan bangunan bersejarah dan menara Gothic, adalah tempat resmi kantor presiden.

Sementara itu, Brno menjadi pusat hukum dengan Mahkamah Agungnya, serta kota dengan suasana yang lebih modern dan kosmopolitan.

6. Kerajaan eSwatini

Kerajaan eSwatini memiliki dua ibu kota, yaitu Mbabane dan Lobamba. Mbabane berfungsi sebagai ibu kota administratif, sedangkan Lobamba adalah ibu kota kerajaan, tempat keluarga kerajaan tinggal dan melakukan upacara resmi.

7. Malaysia

Malaysia memiliki Kuala Lumpur dan Putrajaya sebagai dua ibu kotanya. Kuala Lumpur adalah ibu kota utama dan pusat legislatif, sementara Putrajaya berfungsi sebagai pusat administratif.

Putrajaya dibangun untuk mengatasi kepadatan di Kuala Lumpur, dan kini menjadi kota yang lebih tenang dengan banyak landmark penting.

Baca Juga: Donald Trump Kembali Menjadi Target Pembunuhan Pakai Senapan AK-47, Ini Sosok Pelakunya

8. Montenegro

Montenegro memiliki dua ibu kota, yaitu Cetinije dan Podgorica. Cetinije adalah ibu kota bersejarah yang pernah menjadi kediaman resmi presiden. Kini, Podgorica telah mengambil alih sebagai ibu kota dan pusat pemerintahan Montenegro.

9. Belanda

Belanda memiliki Amsterdam sebagai ibu kota konstitusional, namun pusat pemerintahan sebenarnya terletak di Den Haag. Den Haag menjadi tempat badan eksekutif dan mahkamah agung, serta markas pemerintahan utama.

10. Afrika Selatan

Afrika Selatan adalah satu-satunya negara yang memiliki tiga ibu kota: Cape Town, Pretoria, dan Bloemfontein. Cape Town adalah ibu kota legislatif, Pretoria ibu kota eksekutif, dan Bloemfontein adalah ibu kota yudisial.

11. Sri Lanka

Sri Lanka memiliki Kolombo sebagai pusat pemerintahan dan Kotte sebagai ibu kota resminya. Gedung Parlemen Sri Lanka terletak di Kotte, di tengah danau buatan yang indah.

12. Tanzania

Tanzania memiliki dua ibu kota, yaitu Dar es Salaam dan Dodoma. Dodoma ditetapkan sebagai ibu kota baru pada 1973, namun banyak fungsi pemerintahan masih berada di Dar es Salaam hingga saat ini. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga