Deretan Spesies Laba-Laba yang Sulit Dilihat dengan Mata Telanjang

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 24 April 2023
0 dilihat
Deretan Spesies Laba-Laba yang Sulit Dilihat dengan Mata Telanjang
Dolofon conifera adalah spesies ini dikenal juga sebagai laba-laba pembungkus, mampu melilit dahan pohon serta meratakan tubuhnya pada tempatnya berada. Foto: Sindonews.com

" Laba-Laba adalah sejenis hewan berbuku-buku dengan dua segmen tubuh, empat pasang kaki, tak bersayap dan tak memiliki mulut pengunyah "

KENDARI, TELISIK.ID - Laba-Laba adalah sejenis hewan berbuku-buku dengan dua segmen tubuh, empat pasang kaki, tak bersayap dan tak memiliki mulut pengunyah.

Laba-laba memiliki banyak spesies, namun ada beberapa spesies laba-laba yang tidak bisa Anda lihat hanya dengan mata telanjang. Berikut deretan spesies laba-laba yang sulit dilihat dengan mata telanjang dilansir dari Sindonews.com dan Wikipedia.com, di antaranya:

1. Misumena vatia 

Misumena vatia adalah spesies laba-laba kepiting dengan sebaran holartik. Di Amerika Utara, ini disebut laba-laba kepiting goldenrod atau laba-laba bunga (kepiting), karena biasanya ditemukan berburu di semprotan goldenrod dan tanaman milkweed. 

Baca Juga: 5 Spesies Laba-Laba Paling Mematikan di Dunia

Mereka disebut laba-laba kepiting karena kemampuan unik mereka untuk berjalan menyamping serta maju dan mundur. Baik jantan maupun betina dari spesies ini berkembang melalui beberapa kali pergantian kulit sebelum mencapai ukuran dewasanya, meskipun betina harus berganti kulit lebih banyak untuk mencapai ukurannya yang lebih besar. 

Betina dapat tumbuh hingga 10 mm (0,39 inci) sedangkan jantan cukup kecil, paling banyak mencapai 5 mm (0,20 inci). Misumena vatiabiasanya kuning atau putih atau pola dari dua warna ini. Mereka mungkin juga hadir dengan warna hijau pucat atau merah muda, bukan kuning, sekali lagi, dalam pola putih.

Spesies laba-laba kepiting ini biasanya berada di daun atau bunga. Mereka akan berubah warna menyesuaikan dengan kelopak bunganya. Misumena vatia bisa dijumpai di kawasan Amerika Utara dan Eropa. Karena kemampuannya berubah warna ini, dia akan terlihat seperti menyatu dengan latar tempatnya.

2. Pandercetes gracilis

Laba-laba yang satu ini bisa ditemukan di wilayah Australia dan sekitarnya. Disebut juga Lichen Huntsman, spesies ini memang tidak punya kemampuan berubah warna. Namun, mampu menemukan kulit kayu atau latar belakang lainnya yang benar-benar mirip dengan tubuhnya. Laba-laba ini akan terdiam di tempat sampai mangsanya datang. Matanya yang berada di depan, atas, dan belakang sangat membantu mengetahui kedatangan mangsa dari segala arah.

3. Peckhamia picata

Sekilas mungkin laba-laba ini terlihat seperti semut. Hal ini semakin tampak dari tingkah lakunya yang menjulurkan kaki depannya seperti antena, layaknya semut. Spesies ini telah mengembangkan semacam penangkal agar semut mendeteksi aromanya satu sama lain. Mereka menggunakan kemampuan ini bukan untuk memangsa semut, melainkan memperdaya pemangsa agar menganggap semut tidak enak.

Baca Juga: 3 Fakta KTT Global di Panama Putuskan 54 Spesies Hiu Dilindungi

4. Dolofon conifera

Spesies ini dikenal juga sebagai laba-laba pembungkus, mampu melilit dahan pohon serta meratakan tubuhnya pada tempatnya berada. Dengan begitu, laba-laba ini tidak dapat dibedakan dengan tumpukan tumbuhan yang ada di sekitarnya. Hal ini dikarenakan perut spesies Dolofon conifera yang cekung sehingga mampu memeluk dahan pohon yang bulat. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga