Kisah Unik Julie Loving, Nenek yang Mengandung Cucu Sendiri

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Sabtu, 22 Oktober 2022
0 dilihat
Kisah Unik Julie Loving, Nenek yang Mengandung Cucu Sendiri
Julie Loving, seorang ibu yang rela meminjamkan rahim dan mengandung cucunya sendiri, lantaran sang putri tak bisa hamil. Foto: Repro Instagram/@breannalockwood

" Tanggung jawab menjadi seorang Ibu bukanlah hal yang mudah. Segala hal untuk membahagiakan sang anak tentu adalah hal yang utama bagi semua orangtua. Salah satunya, jika harus menggantikan sang anak untuk memiliki bayi sekalipun "

KENDARI, TELISIK.ID - Tanggung jawab menjadi seorang Ibu bukanlah hal yang mudah. Segala hal untuk membahagiakan  sang anak tentu adalah hal yang utama bagi semua orangtua. Salah satunya, jika harus menggantikan sang anak untuk memiliki bayi sekalipun.

Loh, Maksudnya gimana?

Mengutip dari Kumparan.com, pada 2020 lalu seorang ibu asal Illinois, Amerika Serikat, rela meminjamkan rahim dan mengandung cucunya sendiri, lantaran sang putri tak bisa hamil. Ia adalah Julie Loving, perempuan berusia 51 tahun yang memilih untuk menjadi seorang ibu pengganti.

Julie menawarkan diri untuk menjadi ibu pengganti dari putrinya yang bernama Breanna Lockwood. Breanna sendiri diketahui kesulitan untuk mengandung dan pernah beberapa kali mengalami keguguran, karena rahimnya tidak mampu untuk menahan kehamilan.

Breanna dan suami kabarnya telah lama menantikan seorang anak. Keinginannya semakin besar, terlebih karena kakeknya tengah sakit parah dan ingin segera memiliki cicit.

Baca Juga: Unik, Profesor Ini Ciptakan Toilet Pengubah Tinja Menjadi Energi Listrik

Namun, setelah beberapa kali gagal menjalani program kehamilan (baik itu secara alami hingga bayi tabung) akhirnya Breanna dan sang suami pun mempertimbangkan untuk melakukan surogasi atau prosedur ibu pengganti.

Setelah Breanna dan sang suami setuju untuk mengikuti surogasi, ia lalu menceritakan hal tersebut kepada ibunya, Julie Loving. Julie lalu menawarkan diri, karena ia merasa tubuhnya masih sehat dan bugar, serta ia juga menganggap bahwa dirinya masih bisa mengandung lagi.

“Saya mulai berbicara dengannya (Breanna) mengenai itu (surogasi). Awalnya dia tidak setuju dan berpikir saya gila, tetapi saya tetap membujuknya,” kata Julie sebagaimana dilansir dari Good Morning America.

Dikutip dari dari Haibunda.com, selanjutnya Julie pun melakukan serangkaian tes, prosedur penyaringan dan konsultasi dengan beberapa spesialis, termasuk dokter kandungan, ahli penyakit dalam dan psikolog.

Hasil pemeriksaan menyetujuinya untuk menjadi ibu pengganti bagi putrinya. Seluruh keluarga, termasuk ayah Breanna ikut mendukung upaya tersebut.

Berprofesi selama 29 tahun sebagai spesialis kesuburan, Kaplan mengatakan, dia belum pernah mendengar seorang ibu mengandung anak untuk putrinya.

Ada sekitar 2.500 hingga 5.000 bayi yang dilahirkan melalui surogasi setiap tahun di seluruh dunia, dan Kaplan memperkirakan bahwa para ibu mengandung untuk anak perempuan mereka dalam waktu kurang dari 1 persen dari kasus tersebut.

Baca Juga: Unik, Desa di Swiss Tawari Rp 1 M Bagi Siapa Saja yang Bersedia Jadi Penduduknya

Sejak mengumumkan kehamilan Julie di media sosialnya, Breanna yang berprofesi sebagai ahli kesehatan gigi mengatakan beragam reaksi yang diberikan, baik dukungan positif maupun negatif.

"Orang-orang berkomentar bahwa mereka menganggap itu aneh, tetapi itu bukan anak ibuku secara biologis. Tidak ada bedanya dengan ibu pengganti yang mengandung bayi orang lain, dan aku sebenarnya lebih suka itu ibuku sendiri karena aku merasa lebih terhubung," tutur Breanna.

Sementara di masa kehamilan, Julie mengatakan bahwa dia merasa dalam kondisi sangat baik.

"Aku pasti memiliki hari-hari yang lebih baik daripada hari-hari yang buruk karena mendapatkan dukungan dari keluarga dan teman yang luar biasa, jadi ini sangat bagus," tuturnya. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Kardin

Baca Juga