Didampingi Jaksa, Proyek di Muna Barat Belum Tentu Aman

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 29 Oktober 2023
0 dilihat
Didampingi Jaksa, Proyek di Muna Barat Belum Tentu Aman
Kajari Muna, Agustinus Baka Tangdililing bersama Kasi Datun, Puput Wijaya Putra. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna, melakukan pendampingan terhadap beberapa proyek strategis daerah Muna Barat "

MUNA, TELISIK.ID - Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna, melakukan pendampingan terhadap beberapa proyek strategis daerah Muna Barat.  

Pendampingan itu dilakukan atas permintaan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat.

Kajari Muna, Agustinus Baka Tangdililing mengatakan, dengan pendampingan itu, bukan berarti pihaknya menjadi tameng. Namun, sebagai upaya agar pembangunan berjalan lancar dan dana yang digunakan sesuai peruntukannya, sehingga tidak menimbulkan kerugian keuangan negara.

"Kami melakukan pendampingan, bukan sebagai security atau tameng. Kita hanya memastikan pembangunannya berjalan lancar dan dana yang digunakan tepat sasaran," kata Agustinus, Minggu (29/10/2023).

Baca Juga: Gegara Bakar Sampah, Rumah di Muna Ludes

Senada, Kasi Datun, Puput Wijaya Putra mengatakan, ada 19 paket proyek yang didampingi pada Dinas PUPR Muna Barat. Di antaranya, kantor bupati, rumah jabatan (rujab) bupati dan pimpinan DPRD, serta beberapa ruas jalan.

Pihaknya melakukan pendampingan tidak masuk dalam teknis fisik proyek. Tetapi, lebih pada regulasi dengan tujuan agar aliran dana tepat sasaran, tepat guna dan bermanfaat.

"Pendampingan yang kami lakukan untuk mitigasi risiko, sehingga PPK tidak ragu berbuat bila ada hambatan," katanya.

Dalam pendampingan itu, bukan berarti pekerjaan akan aman. Toh, bila nantinya pembangunannya tidak sesuai, maka bisa diproses hukum.

Baca Juga: Panselda PPPK Muna Jawab 169 Sanggahan

"Kami dampingi bukan berarti aman, tetapi kami buat nyaman," timpalnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri menyampaikan apresiasi terhadap Kejari Muna yang mau melakukan pendampingan terhadap proyek strategis daerah.

Katanya, pembangunan saat ini difokuskan pada pusat perkantoran. Karena, sejak 9 tahun mekar, Muna Barat, belum ada satupun bangunan perkantoran. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga