Gedung Perpustakaan Rampung, Pemdes Sawa Indah Gelar Acara Syukuran

Lukman Nul Hakim, telisik indonesia
Minggu, 07 Januari 2024
0 dilihat
Gedung Perpustakaan Rampung, Pemdes Sawa Indah Gelar Acara Syukuran
Pemdes Sawa Indah bersama beberapa tokoh masyarakat, BPD, dan Babinsa menggelar acara syukuran selesainya bangunan Perpustakaan Desa Sawa Indah, Minggu (7/1/2023). Foto: Lukman Nul Hakim/Telisik

" Pembangunan gedung Perpustakaan Desa Sawa Indah diharapkan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat setempat "

KONAWE KEPULAUAN, TELISIK.ID - Pemerintah Desa (Pemdes) Sawa Indah Kabupaten Konawe Kepulauan bersama BPD, Babinsa, dan tokoh-tokoh Masyarakat, menggelar acara syukuran atas rampungnya gedung perpustakaan yang dibangun pada tahun 2023.

Pembangunan gedung tersebut diharapkan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat setempat, hal ini telah disepakati pada saat Musyawarah Desa (Musdes) tahun anggaran 2023, dan dibangun menggunakan Dana Desa (DD).

Kepala Desa Sawa Indah, Mansyur Gege mengatakan, setelah diresmikannya gedung perpustakaan, pihaknya juga telah bekerja sama dengan pihak penerbit buku untuk pengadaan buku sebanyak 497 buku.

"Kami telah melaksanakan Musdes bersama masyarakat mengenai pengadaan buku sebanyak 497 dan akan dianggarkan di tahun 2024 ini," ujarnya, Minggu (7/1/2023).

Baca Juga: Peresmian Perpustakaan Modern Bertaraf Internasional, Ali Mazi: ini Investasi Jangka Panjang

Mansyur Gege menyebutkan, judul buku yang akan diterbitkan sesuai Musdes itu meliputi, buku agribisnis 32 judul, buku alam dan lingkungan 27 judul, buku anak 24 judul, buku ekonomi dan keuangan 16 judul, buku interpreneur 23 judul, buku fiksi 46 judul, buku ilmu pengetahuan umum 37 judul, buku ilmu sosial 19 judul, buku inspirasi 9 judul, buku kerajinan dan hobi 42 judul, buku kesehatan 77 judul, buku komputer dan internet 19 judul, buku olahraga 39 judul, buku pahlawan 7 judul, buku perikanan 14 judul, buku pertanian 23 judul, buku peternakan 9 judul, buku sains dan teknologi 34 judul.

"Dengan adanya buku-buku ini kita harapkan baik aparat desa maupun masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik," harapnya.

Baca Juga: Literasi Baca Perpustakaan Darul Ilmi MAN 1 Kendari Upaya Tingkatkan Kemampuan Siswa

Sekertaris Desa Sawa Indah, Rahmad Jurion mengatakan, gedung perpustakaan tersebut selain diperuntukkan tempat membaca, juga digunakan berkantor oleh Pemdes setempat.

"Di samping sebagai gedung perpustakaan desa untuk tempat membaca buku, juga gedung ini dimanfaatkan bagi Pemdes sebagai tempat berkantor," tambahnya. (B-Adv)

Penulis: Lukman Nul Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga