Dinkes Sulawesi Tenggara Imbau Masyarakat Waspada Penyakit Menular

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 07 November 2023
0 dilihat
Dinkes Sulawesi Tenggara Imbau Masyarakat Waspada Penyakit Menular
Sosialisasi mengenai sanitasi total berbasis masyarakat untuk menciptakan perilaku hidup bersih di masyarakat. Foto: Ist.

" Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Tenggara, terus mengimbau masyarakat untuk mewaspadai berbagai penyakit, khususnya penyakit yang dapat menular "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Tenggara, terus mengimbau masyarakat untuk mewaspadai berbagai penyakit, khususnya penyakit yang dapat menular.

Penyakit yang masuk dalam kategori penyakit menular ini banyak, namun terdapat tiga penyakit menular yang menjadi proritas. Ketiga penyakit tersebut adalah Human Immunodeficiency Virus (HIV), Tuberkulosis (TBC), dan malaria.

Kepala Bidang (Kabid) pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) Dinkes Sulawesi Tenggara, Muhammad Ridwan mengatakan, meskipun ada beberapa penyakit menular lainnya, namun pihaknya fokus pada tiga penyakit ini karena dampaknya yang signifikan terhadap kesehatan masyarakat.

Baca Juga: Dinkes Sulawesi Tenggara Optimalkan Sosialisasi Program Imunisasi Anak

Dinkes Sulawesi Tenggara telah melakukan langkah-langkah edukasi, pemeriksaan, dan pengobatan terhadap individu yang berisiko tertular, baik penyakit HIV, TBC maupun malaria.

“Jadi upaya ini dilakukan untuk memutus rantai penularan dan mengurangi jumlah kasus baru,” kata Muhammd Ridwan, belum lama ini.

Khusus ketiga penyakit menular yang diprioritaskan tersebut ditargetkan eleminasi pada tahun 2030 mendatang. Maka Dinas Kesehatan terus mengoptimalkan upaya mengantisipasi penyakit tersebut.

“Pemerintah menargetkan penyakit menular itu bisa tereleminasi pada 2030,” ujarnya.

Baca Juga: Dinkes Sulawesi Tenggara Optimalkan Edukasi Pola Hidup Sehat Cegah Penyakit

Sebagai tambahan, dikutip dari kemkes.go.id, Kementerian Kesehatan RI memiliki target eliminasi penyakit menular sepenuhnya pada tahun 2030. Pencapaian eliminasi malaria dilakukan secara bertahap.

Tahapan-tahapan untuk mencapai target tersebut yaitu: kasus terakhir penularan setempat pada tahun 2025, semua provinsi mencapai eliminasi malaria pada tahun 2028, dan Indonesia mencapai eliminasi pada 2030. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga